PERPADUAN METODE PROBLEM SOLVING DENGAN STAD UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN SISWA SMA

Abu Bakar

Abstract


Abstract: The Combination of Problem Solving Methods with STAD for Improving the Quality of Learning high school students. The aim of this research is to improve the quality of teaching-learning processes and learning outcomes of Chemical Equilibrium. This study uses action research design with 2 cycles. The action taken in this research is to apply a combination of problem solving method and STAD model. Data collected through observation, questionnaire and test. The results showed that the design can improve the quality of teaching-learning processes and learning outcomes. The average of learning indicators outcome rise from 76.94% (first cycle) to 84.8% (second cycle) and students learning mastery also increased from 75% (first cycle) to 97% (second cycle).

Abstract: Perpaduan Metode Problem Solving dengan STAD untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Siswa SMA. Di antara masalah pembelajaran yang saat ini menjadi keluhan guru adalah rendahnya interaksi siswa-siswa dan siswa-guru dalam belajar, keaktifan siswa dalam belajar dan prestasi belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar Kesetimbangan Kimia. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas dengan 2 siklus. Tindakan yang dilakukan adalah menerapkan kombinasi metode problem solving dan model STAD. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, angket dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kombinasi metode problem solving dan model STAD dapat meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar siswa. Capaian indikator pembelajaran rata-rata siswa naik dari 76,94% pada siklus I menjadi 84,8% pada siklus II dan ketuntasan belajar siswa juga naik dari 75% pada siklus I menjadi 97% pada siklus II.