IMPLEMENTASI PENDEKATAN KONTEKSTUAL BERVISI SETS UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN KIMIA SMP DI KOTA SURAKARTA

Sri Yamtinah, Sulistyo Saputro, M. Masykuri

Abstract


Abstract: Implementation of Contextual Approach SETS Vision to Improve the Quality of Learning Chemistry in The Junior High School at Surakarta City. This study was intended to describe the role of contextual learning with Science, Environment, Technology and Society (SETS) vision as an effort to enhance the quality of learning process of junior high school students. This SETS based contextual learning tried to relate the material content to the situation surrounding environment through a variety of student assignments. This study was done collaboratively with the chemistry teachers of junior high school at Surakarta using the procedure of classroom action research. The results show that the contextual learning with SETS vision enhance the quality of learning processes into score of 77.30% good learning process. This SETS vision-based contextual learning could be use to improve the quality of learning in others subject metter of secondary school.

Abstrak: Implementasi Pendekatan Kontekstual Bervisi SETS untuk Meningkatkan Kualitas Pem­be­la­­jaran Kimia SMP di Kota Surakarta. Penelitian ini dimaksudkan untuk menggambarkan peran pem­be­lajaran kontekstual dengan visi ilmu pengetahuan, teknologi lingkungan, dan masyarakat (SETS) se­bagai upaya meningkatkan kualitas proses pembelajaran siswa SMP. Metode pem­belajaran kontekstual berbasis SETS (Science, Lingkungan, Teknologi dan Masyarakat) mencoba meng­hubungkan konten materi dengan situasi lingkungan sekitar melalui berbagai tugas siswa. Pe­ne­li­ti­an ini dilakukan secara kolaboratif dengan guru Kimia SMP di Surakarta menggunakan prosedur pe­ne­litian tindakan kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran kontekstual dengan visi SETS mampu meningkatkan kua­li­tas proses belajar menjadi skor rerata 77,30% dengan kriteria baik. Pembelajaran kontekstual bervisi SETS ini diharapkan juga dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran lain di sekolah menengah.