PEMBELAJARAN KOOPERATIF NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) BERBASIS EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR FISIKA

Sudi Dul Aji

Abstract


Abstract: Experiment Based of Cooperative Learning Numbered Heads Together (NHT) Model to Improve Motivation and Learning Achievement of Physics. This study is a two-cycle action research to improve student achievement and motivation of 7th class of SMP NU Bululawang Malang, using experiment based of cooperative learning Numbered Heads Together (NHT)-model. The results showed that experiment based of NHT model can increase motivation to learn physics from 59.6% in first cycle to 79.37% in second cycle and increase student achievement, an from mean score of of 68.52 at the beginning of learning to 70.4 in first cycle and to 76.7 in the second cycle.

Abstrak: Pembelajaran Kooperatif Numbered Heads Together (NHT) Berbasis Eksperimen untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Fisika. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dua siklus yang bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa kelas VII SMP NU Bululawang Kabupaten Malang, dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe  Numbered Heads Together (NHT) berbasis eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe NHT berbasis Eksperimen dapat meningkatkan motivasi belajar fisika dari 59,60% pada siklus pertama menjadi 79,37% pada siklus kedua. Pada prestasi belajar siswa, terjadi peningkatan dari skor rerata 68,52 pada awal pembelajaran menjadi 70,4 pada siklus pertama dan menjadi 76,7 pada siklus ke kedua.