INDUSTRI PERAK KOTAGEDE YOGYAKARTA MELAWAN BADAI KRISIS
Abstract
Abstrak. Pengusaha perak Kotagede Yogyakarta menghadapi tantangan utama dalam menjalankan usahanya yakni krisis 1997. Hal ini membuat mereka harus memutar otak untuk bertahan melalui usaha baru. Tulisan ini berusaha menelusuri tentang perkembangan industri kerajinan Perak Kotagede, dampak krisis 1997 bagi pelaku industri perak di Kotagede, dan strategi yang dilakukan pelaku industri untuk mempertahankan industrinya dari serangan krisis. Hasil kajian ini adalah permasalahan pengusaha Perak Kotagede Yogyakarta selama krisis berlangsung, berkutat seputar produksi dan pemasaran. Strategi yang dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan melakukan “kombinasi” pencampuran perak dengan perak bekas atau bahan lainnya. Di bidang pemasaran yaitu memperbaharui desain, melakukan promosi, dan menjual produk dengan harga miring.
Abstract. Metal enterprises of Kotagede face the major challenges in running their business which is the crisis of 1997. This leads people to think how to survive through making the new opportunities. This article tries to explore the development of metal industry of Kotagede; the impact of the 1997 crisis for metal producer, and strategies undertaken to maintain the business from crisis. The findings are the problems of the metal producer during the crisis considering the production and the marketing. They think to overcome this problem through doing a "combination" of mixing metal with metal scars or other materials. In regards of marketing is to renew the design, promotion, and selling products at low prices.
Keywords
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.17977/sb.v8i2.4768
Jurnal Sejarah dan Budaya is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.