POSISI MATERI SEJARAH DI TINGKAT SEKOLAH MENENGAH PERTAMA PADA KURIKULUM 2013

Rochgiyanti Rochgiyanti

Abstract


Abstrak. Salah satu cara dalam memperkenalkan sejarah bangsa pada generasi muda adalah melalui pendidikan dan hal ini telah diatur dalam kurikulum. Dalam perkembangan kurikulum di sekolah menengah pertama, mata pelajaran sejarah telah terintegrasi menjadi mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Persoalan yang muncul adalah bagaimana caranya supaya konten sejarah tetap dapat disampaikan kepada para siswa dalam konteks materi IPS. Oleh karena itulah tulisan ini mencoba melihat bagaimana pelaksanaan pembelajaran sejarah di tengah perubahan kebijakan pendidikan nasional. Tulisan ini terutama akan melihat posisi materi sejarah di tingkat sekolah menengah pertama pada Kurikulum 2013.

 

Abstract. One of the ways to introduce the national history to the next generation is by education and this has been arranged in curriculum. In the development of curriculum in junior high school, history has already integrated in the module of social studies. The problem is how the historical content could be delivered into student in term of social studies. Therefore, this article tends to describe how the implementation of teaching of history in the middle of the change of national education policy. This will focus on the position of the historical material of junior high school in curriculum 2013.


Keywords


Kata-kata kunci: kurikulum, Ilmu Pengetahuan Sosial, Sejarah; Keywords: curriculum, social studies, history

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.17977/sb.v8i2.4771



Flag Counter

 

 

 Creative Commons License

 Jurnal Sejarah dan Budaya is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.