BAHAN AJAR ALTERNATIF BERBASIS HISTORIOGRAFI

Grace Leksana

Abstract


Abstrak. Pengembangan bahan ajar alternatif berbasis biografi perlu dikembangkan karena dua alasan. Pertama pijakan filosofis keilmuan dan yang kedua teknik pendidikan. Kedua hal ini bermuara pada kebosanan siswa yang disebabkan karena pengulangan materi pelajaran. Mereka memiliki pengetahuan melebihi apa yang ada dalam buku teks. Bahan ajar yang dikembangkan tidak serta merta memindahkan historiografi atau ringkasan historiografi dalam bahan ajar. Akan tetapi, para pengembang perlu melakukan refleksi sebelum menuangkan materi dalam bahan ajar. Hal ini dilakukan agar mendorong siswa dapat berpikir secara kritis. Tantangan yang dihadapi seperti proses pengembangan yang membutuhkan waktu lama dan tampilan bahan ajar perlu dijadikan pertimbangan utama.
Kata-kata kunci: bahan ajar, biografi, sejarah, ISSI, AGSI
Abstract: The development of alternative teaching material based in biography needs to be devel-oped because of two reasons. The first deals with the philosophical framework and the later refers to pedagogical technique. Both reasons affect to the boredom of students caused by the repetition of the subject. They have the knowledge more than what is written in the textual book. The developed teaching material does not means to move the substance of historiography or the summary of histo-riography in teaching material. This would lead students to think critically. The challenges of the long time development and the visualization need to be the main consideration.
Keywords: teaching material, biography, history, ISSI, AGSI

Keywords


bahan ajar, biografi, sejarah, ISSI, AGSI

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.17977/sb.v9i2.4999



Flag Counter

 

 

 Creative Commons License

 Jurnal Sejarah dan Budaya is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.