PENGEMBANGAN STRATEGI PEMBELAJARAN IPS SEJARAH BERBASIS CRITICAL PEDAGOGY DI SEKOLAH

Muhammad Iqbal Birsyada

Abstract


Abstrak. Pengampu mata pelajaran IPS-Sejarah sebagai salah satu mata
pelajaran yang mengembangkan kecerdasan sosial peserta didik memerlukan
terobosan pendekatan pengajaran yang lebih merangsang minat peserta didik
dalam belajar sejarah di sekolah. Oleh karena itu, para perserta didik harus
didekatkan dengan isu-isu sosial di sekitar lingkunganya sehingga timbul
kesadaran kritis dalam memandang persoalan-persoalan sosial dalam masyarakat.
Dalam hal inilah model pendidikan IPS sejarah di sekolah haruslah berbasis
kritis. Peserta didik dalam melaksanakan proses pembelajaran tidaklah lagi
terdominasi oleh setiap instruksi dan wacana pemikiran dari guru. Namun,
peserta didiklah yang akan mengkonstruksi pengetahuanya sendiri secara sadar
dan kritis tanpa dominasi dari siapapun. Artikel ini ingin memberikan pandangan
pemikiran tentang model pendidikan IPS sejarah berbasis critical pedagogy di
sekolah. Pendekatan critical pedagogy dapat mengantarkan peserta didik menjadi
pribadi warga negara yang baik.
Kata-kata kunci: Pembelajaran, IPS Sejarah, Critical Pedagogy, Sekolah
Abstract. The teacher of social studies-history as a subject to develop pupils’
social quotient needs an alternative of teaching approach. This would stimulates
pupils’ motivation in learning history. Therefore, pupils have to be engaged with
social issues to encourage the critical awareness. The teaching model of social
studies-history should be based on the critical thinking. The pupils should not be
dominated by the thinking of teachers. However, the pupils should construct their
own knowledge. This article wants to give a perspective on the teaching model of
social studies-history based on critical pedagogy. This approach could lead the
pupils to be the well citizens
Keywords : Learning, Social Studies, Critical Pedagogy, School

Keywords


Pembelajaran, IPS Sejarah, Critical Pedagogy, Sekolah

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.17977/sb.v9i2.5002



Flag Counter

 

 

 Creative Commons License

 Jurnal Sejarah dan Budaya is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.