BERBURU KE PADANG DATAR, BERGURU KEPALANG AJAR: ARSIP SE-BAGAI BAHAN AJAR

Raistiwar Pratama

Abstract


Abstrak. Keterbukaan akses atas sumber sejarah primer terutama arsip digital memudahkan para sejarawan termasuk pendidik sejarah. Hal ini akan membuat sejarah menjadi hal yang tidak monokausal, revitalisasi sumber-sumber primer, dan otonomi buku teks sejarah. Sejarawan, pen-didik sejarah, dan pegiat sejarah dapat berkolaborasi untuk mengaji sumber terkait termasuk membaca karya sastra. Arsip Nasional Republik Indone-sia (ANRI) sebagai lembaga penyimpanan sumber-sumber primer meng-gagas lima hal terkait kegiatan belajar mengajar sejarah berbasiskan sum-ber-sumber primer (dokumen, cetak biru, foto, peta, dan film dokumenter). Kelas digital, LKTI kearsipan, diorama sejarah, masyarakat sadar arsip, dan lomba apresiasi dan kreativitas.
Kata-kata kunci: sumber sejarah, sadar arsip, pembelajaran sejarah
Abstract. The open access of historical primary sources mainly digital ar-chives has eased the historian and the history teacher. This would make history becoming duality and interesting reality, re-vitalization of primary sources, and the autonomy of historical textbook. Historian, history teacher, and history practitioner could collaborate to discuss the related sources especially reading the literary works. The National Archive of In-donesian Republic (ANRI) as an archival institution creates the five activ-ities related to the teaching of history based on primary sources. Those activities are digital class, scientific written competition on archives, his-torical diorama, and society based on archival awareness, and apprecia-tion and creativity competition.
Keywords: historical sources, archival awareness, teaching of history


Keywords


sumber sejarah, sadar arsip, pembelajaran sejarah

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.17977/sb.v9i2.5013



Flag Counter

 

 

 Creative Commons License

 Jurnal Sejarah dan Budaya is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.