PENCIPTAAN IKLIM ORGANISASI, PENERAPANNYA PADA PENDIDIKAN TEKNOLOGI DAN KEJURUAN

Tri Atmadji Sutikno

Abstract


Tercapainya tujuan pendidikan pada pendidikan teknologi dan kejuruandiantaranya dipengaruhi oleh iklim organisasi yang ada pada pendidikan tersebut.Iklim organisasi diartikan sebagai suatu bentuk mengenai persepsi pegawai (dosendan karyawan) pada lingkungan kerjanya, yang dipengaruhi oleh organisasi formal,organisasi informal, kepribadian individunya dan kepemimpinan pemimpinnya.Iklim organisasi pada pendidikan teknologi dan kejuruan yang sehat harus mencakupdimensi-dimensi sebagai berikut: (1) kepemimpinan, meliputi: kepercayaan, ide-idebawahan, dan kebebasan; (2) kekuatan motivasi, meliputi dorongan berprestasi dantingkat kepuasan; (3) komunikasi, mencakup level komunikasi, kelengkapaninformasi, dan prakarsa; (4) interaksi dan pengaruh, mecakup level interaksi danpengaruh serta kerjasama; (5) pembuatan keputusan, meliputi keputusan pemimpindan keputusan bawahan; (6) penetapan tujuan, mencakup cara penetapan tujuan dandukungan; (7) pengawasan, mecakup tingkat pengontrolan dan informasi; serta (8)unjuk kerja.

Full Text:

PDF