OPTIMALISASI MOTIVASI KERJA DALAM RANGKA PENINGKATAN KINERJA GURU PENDIDIKAN KEJURUAN

Tri Atmadji Sutikno

Abstract


Motivasi adalah salah satu faktor dalam meningkatkan kinerja guru pendidikan kejuruan. Motivasi diartikan sebagai dorongan yang bersifat internal atau eksternal yang diinginkan seseorang untuk membangkitkan antusiasme, dan melakukan suatu perbuatan guna memenuhi kebutuhannya serta ke arah yang menguntungkan organisasi. Motivasi pegawai dapat dikembangkan melalui: (1) pendekatan tradisional; (2) pendekatan hubungan manusia; (3) pendekatan sumber daya manusia; dan (4) pendekatan kontemporer. Dari keempat pendekatan tersebut pendekatan kontemporer, khususnya pendekatan teori dua faktor mempunyai keluasan dalam memotivasi pegawai, yaitu bahwa motivasi pegawai akan meningkat jika faktor-faktor intrinsik (peluang promosi, peluang pertumbuhan personal, pengakuan, tanggung jawab dan prestasi) terpenuhi, tanpa dengan meninggalkan faktor-faktor ekstrinsik (kualitas pengawasan, gaji, kebijakan perusahaan, hubungan antar pribadi, dan keamanan kerja).Kata kunci: motivasi kerja, kinerja, pendidikan kejuruan.

Full Text:

PDF