PENGEMBANGAN APLIKASI LEARNING STYLE INVENTORY BERBASIS FUZZY LOGIC UNTUK MENENTUKAN GAYA BELAJAR SISWA

Muladi Muladi

Abstract


Penentuan gaya belajar selama ini masih menggunakan sebuah tes yang manual,
yakni menggunakan tes yang siswanya diharuskan mengisi pertanyaan-pertanyaan dalam sebuah
kertas. Hal tersebut sangatlah menyita waktu, dalam proses penentuan hasil dari tes tersebut.
Selain menyita banyak waktu, dengan sistem yang seperti itu kemungkinan kesalahan
dalam penentuan gaya belajar yang semakin banyak.Tujuan dari pengembangan ini adalah
tersediannya aplikasi Learning Style Inventory berbasis Fuzzy logic untuk menentukan gaya
belajar seseorang. Aplikasi ini dapat digunakan langsung oleh siswa atau guru BK. Aplikasi
Learning Style Inventory menggunakan metode prototype dalam pengembangannya. Metode
prototype ini mempunyai beberapa tahap diantaranya pengumpulan kebutuhan, membangun
prototipe, evaluasi prototipe, mengkodekan sistem, menguji sistem, evaluasi sistem, dan
menggunakan sistem. Subjek uji coba aplikasi LearningStyle Inventory pada penelitian pengembangan
ini diantaranya ahli media, guru Bimbingan dan Konseling, dan siswa SMA
Negeri Pronojiwo. Pengujian white-box pada aplikasi ini mengalami tiga kali tahap uji coba
untuk memperoleh hasil yang benar-benar yang diharapkan. Sedangkan hasil pengujian
black-box yang dilakukan oleh para ahli media, guru, dan siswa SMA Negeri Pronojiwo
dapat diperoleh hasil dari kedua ahli media dengan rata-rata 98,3%. Untuk validasi dari dua
guru BK diperoleh hasil dengan rata-rata 98,2%. Sedangkan uji yang dilakukan kepada 15
siswa diperoleh hasil rata-rata 94,5%. Secara keseluruhan hasil rata- rata dari ketiga validator
aplikasi sebesar 97%, yang dapat dikatakan aplikasi valid dan tidak perlu revisi. Sehingga
aplikasi dapat dikatakan sesuai dengan keinginan pengguna sehingga aplikasi dapat
digunakan dan diproduksi secara masal.

Full Text:

PDF