PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING-THINK PAIR SQUARE DAN METODE PEMBELAJARAN DIRECT INSTRUCTION TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X SEMESTER 2 PADA MATA PELAJARAN FOTOGRAFI

Rendy Arytia, Suwasono Suwasono

Abstract


Pembelajaran TIK mencakup pemahaman konsep dan praktek. Siswaakan semakin memahami bidang TIK dengan belajar secara aktif didukung sarana yanglengkap. Tujuan penelitian yaitu: (1) mengetahui prestasi belajar siswa yang menggunakanmetode pembelajaran Problem Posing-Think Pair Square; (2) mengetahuiprestasi belajar siswa yang menggunakan metode pembelajaran Direct Insruction; (3)mengetahui perbedaan prestasi belajar siswa antara metode pembelajaran ProblemPosing-Think Pair Square dengan metode pembelajaran Direct Instruction pada matapelajaran fotografi kelas X semester 2. Penelitian ini dirancang sebagai penelitian semueksperimental (Quasy experi-ment design) yang melibatkan dua kelas, yaitu kelas eksperimendan kelas kontrol. Kelas eksperimen mendapat perlakuan metode pembelajaranProblem Posing-Think Pair Square dan kelas kontrol menggunakan metodepembelajaran Direct Instruction. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapanmetode pembelajaran Problem Posing-Think Pair Square pada kelas eksperimenmemiliki rata-rata prestasi belajar lebih tinggi daripada penerapan metode pembelajaranDirect Instruction pada kelas kontrol nilai rata-rata presstasi belajar siswa77,7 dan pada kelas eksperimen 82,7. Prestasi belajar antara kelas eksperimen dankelas kontrol menunjukkan perbedaan yang signifikan yaitu dengan nilai Sig(p) 0,000< 0,05. Kesimpulan dari hasil penelitian yaitu penerapan metode pembelajaranProblem Posing-Think Pair Square pada kelas eksperimen lebih baik daripada kelaskontrol karena siswa lebih bisa aktif dan dapat berpikir kreatif membuat danmenyelesaikan permasalahan dan terdapat perbedaan signifikan prestasi belajar siswaantara metode pembelajaran Problem Posing-Think Pair Square dengan metodepembelajaran Direct Instruction kelas X Multimedia di SMK PGRI 3 Malang.

Full Text:

PDF