PERBEDAAN METAKOGNITIF SISWA PADA PELAJARAN TIK MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE DENGAN METODE RESITASI

Rika Milliyana, Sujono Sujono

Abstract


Pada umumnya pembelajaran TIK dapat diterapkan secara optimal apabila
aspek-aspek yang perlu dikembangkan pada diri siswa diperhatikan secara seksama,
misalnya: metakognitif siswa. Metakognitif mencakup berbagai aspek penting yang dapat
mengoptimalkan pengembangan dan pengaturan kognitif siswa, meliputi kesadaran dalam
mengontrol belajar dan memperbaiki kesalahan. Peningkatan metakognitif siswa
dapat tercapai apabila metode yang digunakan tepat sasaran. Pembelajaran kooperatif
tipe think pair share memuat berbagai langkah pembelajaran yang mampu meningkatkan
beberapa komponen metakognitif. Oleh karena itu dibutuhkan penggunaan metode think
pair share dalam meningkatkan metakognitif siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
perbedaan metakognitif siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Malang pada pelajaran
TIK yang diberi perlakuan dengan metode think pair share dan metode resitasi.
Penelitian ini bersifat eksperimental semu. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-
posttest control group design. Variabel penelitian ini terdiri dari variabel bebas dan
terikat, variabel bebas yaitu metode pembelajaran sedangkan variabel terikat adalah metakognitif
siswa. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII. Penentuan sampel
menggunakan teknik sampling pertimbangan (purposive sampling) sehingga diperoleh
kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIIC sebagai kelas kontrol.

Full Text:

PDF