PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PERPADUAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DAN PROBLEM BASED LEARNING ( PBL) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA

Laila Nurwahyunita, Suwasono Suwasono

Abstract


Berdasarkan observasi awal dan wawancara yang d ilakukan dengan guru
dan siswa SMKN 02 Malang, diketahui bahwa sebagian besar proses pembelajarannya
masih didominasi oleh guru sehingga siswa cenderung pasif. Hasil observasi
menunjukkan bahwa dari 43 siswa secara klasikal nilai keaktifan siswa Kelas X
TKJ 03 SMKN 02 Malang hanya 41, 84%. Penelitian ini adalah bertujuan untuk
meningkatkan keaktifan siswa kelas X Teknik Komputer dan Jaringan pada pembelajaran
Teknik Komputer dan Jaringan materi mendiagnosis Permasalahan Pengoperasian
PC dan Peripheral dengan menggunakan model pembelajaran perpaduan
Numbered Heads Together (NHT) dan Problem Based Learning (PBL). Penelitian
ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari tahap perencanaan,
pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini terdiri dari tiga siklus. Masingmasing
siklus terdiri dari dua pertemuan. Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi
keaktif-an siswa dan soal tes evaluasi. Data yang diperoleh akan dibandingkan
dari observasi awal, Siklus I, Siklus II, dan Siklus III. Uasil penelitian menunjukkan
bahwa keaktifan belajar siswa meningkat dari siklus I ke siklus II ke siklus
III. Keaktifan belajar siswa pada siklus I mencapai 58,51% sedangkan pada siklus II
meningkat menjadi 67,85% dan sedangkan pada siklus III meningkat menjadi
79,51%.

Full Text:

PDF