PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA KOMPETENSI DASAR MELAKUKAN PERAWATAN PC

Vivin Ayu Lestari, Suwasono Suwasono

Abstract


Proses pembelajaran yang berlangsung di SMK Negeri 6 Malang sudah
memanfaatkan multimedia sebagai media pembelajaran. Selain itu, SMK Negeri 6
Malang juga mempunyai lab multimedia yang mendukung kegiatan pembelajaran. Dari
hasil observasi, SMK Negeri 6 Malang, memiliki peralatan multimedia yang lengkap.
Hal ini terbukti dengan adanya LCD proyektor pada setiap kelas yang mendukung
pembelajaran menggunakan multimedia. Tetapi media yang digunakan untuk
menyampaikan materi masih sangat sederhana yaitu menggunakan media dalam bentuk
power point dan Lembar Kerja Siswa (LKS). Tujuan dari penelitian ini adalah
membuat media pembelajaran perawatan PC menggunakan multimedia interaktif yang
dapat digunakan dalam proses pembelajaran siswa di kelas. Model pengembangan
yang digunakan pada penelitian ini adalah model Sugiyono yang telah dimodifikasi.
Adapun langkah-langkah penelitian yang digunakan adalah sebagai berikut, (1)
mengidentifikasi kebutuhan, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi
desain, (5) revisi desain, (6) validasi produk, (7) revisi produk, (8) uji lapangan, (9)
revisi produk. Produk yang disajikan dalam penelitian ini berupa multimedia interaktif
pembelajaran perawatan PC. Media pembelajaran tersebut menampilkan 6 menu
utama yang terdiri dari (1) kompetensi dasar (2) materi, (3) video, (4) soal, (5) profil
(7) bantuan. Materi yang terdapat dalam media pembelajaran multimedia interaktif
meliputi satu kompetensi dasar yaitu melakukan perawatan PC pada standar
kompetensi melakukan perawatan PC. Materi yang terdapat di dalam kompetensi dasar
tersebut terdiri dari perawatan input, perawatan proses, perawatan media penyimpanan,
perawatan peripheral, dan perawatan output. Media ini juga dilengkapi buku petunjuk
agar guru dan siswa dapat mengeoperasikannya dengan baik. Media pembelajaran
jobsheet dan modul pegangan guru dikembangkan untuk mendukung unjuk kerja
kegiatan pembelajaran di SMK Negeri 6 Malang. Jobsheet yang dikembangkan ada 4
macam yang terdiri dari jobsheet praktikum 1 perawatan keyboard dan mouse optic,
jobsheet praktikum 2 perawatan prosessor dan motherboard, jobsheet praktikum 3
perawatan hardisk, dan jobsheet praktikum 4 perawatan monitor. Sedangkan modul
pegangan guru berisi tentang petunjuk penggunaan jobsheet dan multimedia interaktif
dalam kegiatan pembelajaran yang dilengkapi dengan kisi-kisi soal, kunci jawaban, dan
pedoman penilaian. Jobsheet, modul pegangan guru dan multimedia interaktif
mencapai tingkat kelayakan oleh ahli materi dengan persentase masing-masing media
tersebut adalah 98,86% , 98,75%, dan 95,19%, sedangkan hasil validasi ahli media
mencapai tingkat kelayakan dengan persentase 95,00%, 95,31, dan 94,79%. Hasil uji
coba lapangan jobsheet dan multimedia interaktif mencapai tingkat kelayakan dengan
persentase 86,82% dan 87,70%.

Full Text:

PDF