PERBEDAAN HASIL BELAJAR TIK MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DENGAN KOOPERATIF KELOMPOK BIASA

Dian Fitri Perwitasari, Slamet Wibawanto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan
terhadap hasil belajar TIK siswa kelas X SMA Negeri 8 Malang melalui pembelajaran
TGT dengan pembelajaran kelompok biasa. Penelitian menggunakan desain eksperimen
semu (quasy experimental design) dengan pola pretest-posttest control group design.
Sampel penelitian ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling, yaitu
kelas X5 sebagai kelompok eksperimen dan kelas X6 sebagai kelompok kontrol.
Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah silabus, RPP, lembar angket, dan
tes tulis (prates-pascates dan kuis). Uji hipotesis menggunakan uji t dengan bantuan
SPSS 16.0 For Windows.Hasil uji t menghasilkan nilai Sig (p) = 0,000 < 0,05, sehingga
Ho ditolak. Dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan terhadap hasil
belajar TIK antara kelompok eksperimen melalui pembelajaran TGT (Teams Games
Turnament) dan kelompok kontrol melalui pembelajaran kelompok biasa.

Full Text:

PDF