Perbedaan Metakognitif Dan Hasil Belajar Siswa SMK Melalui Model Pembelajaran Think Pair Share Dengan Menerapkan Jurnal Belajar Dan Model Pembelajaran Think Pair Share Mata Pelajaran Kompetensi Kejuruan

Tri Maryati, Sujono Sujono

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengetahui perbedaan keterampilan, kesadaran, metakognitif dan hasil belajar siswa di SMK Negeri 2 Malang pada mata pelajaran kompetensi kejuruan yang diberi perlakuan dengan model pembelajaran think pair share dengan menerapkan jurnal belajar dan model pembelajaran think pair share. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen semu (quasy experimental design) dengan pola pretest-posttest control group design. Variabel bebas adalah model pembelajaran dan variabel terikat adalah keterampilan, kesadaran, metakognitif dan hasil belajar siswa. Populasi adalah seluruh siswa kelas X. Penentuan sampel menggunakan teknik sampling pertimbangan (purposive sampling) sehingga diperoleh kelas X TKJ 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X TKJ 2 sebagai kelas kontrol. 2 kelas tersebut homogen dilihat dari nilai tugas dan ulangan harian sebelumnya serta pertimbangan dari guru kelasnya. Hasil dalam penelitian ini adalah : 1) terdapat perbedaan keterampilan metakognitif yang signifikan antara siswa yang diajar dengan model pembelajaran think pair share dengan menerapkan jurnal belajar dan think pair share; 2) tidak terdapat perbedaan kesadaran metakognitif yang signifikan antara siswa yang diajar dengan model pembelajaran think pair share dengan menerapkan jurnal belajar dan think pair share; 3) terdapat perbedaan metakognitif yang signifikan antara siswa yang diajar dengan model pembelajaran think pair share dengan menerapkan jurnal belajar dan think pair share; 4) terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara siswa yang diajar dengan model pembelajaran think pair share dengan menerapkan jurnal belajar dan think pair share