KEANDALAN DATA CENTER BERDASARKAN SISTEM TIER CLASSIFICATIONS

Irham Fadlika

Abstract


Ketika konsep keandalan (reliability) mulai resmi menjadi pendekatan terpadu di tahun 50-an, keandalan dikaitkan dengan laju kegagalan. Hari ini istilah "keandalan" digunakan sebagai definisi yang mencakup berbagai aspek termasuk ketersediaan (availability), daya tahan (durability), kualitas (quality), dan terkadang didefinisikan sebagi fungsi dari sebuah produk. Teknik keandalan dikembangkan untuk mengukur "seberapa handal" sebuah komponen, produk, atau sistem ketika digunakan dalam aplikasi tertentu untuk jangka waktu tertentu. Pada bidang industri telekomunikasi misalnya, keandalan sebuah pusat data (data center), telah bergantung pada sistem ―Tier Classifications‖. Dalam sistem tersebut, keandalan sebuah sistem data center dikelompokkan menjadi 4 bagian, mulai dari tier 1 hingga tier 4. Dalam tulisan ini akan dibahas mengenai prinsip-prinsip dan teknik pemodelan dari 4 tingkatan tersebut. Sebuah tinjauan dan metrik dari teknik keandalan yang digunakan juga akan disertakan.

Full Text:

PDF