HAMBATAN DAN FAKTOR PENYEBABNYA PRAKERIN DITINJAU DARI PERSIAPAN, PELAKSANAAN, DAN EVALUASI KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK PEMESINAN DI SMK

Fajar Satriya Hadi, Amat Mukhadis, Amat Nyoto

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk memerikan hambatan dan faktor penyebab prak­­tik kerja industri siswa SMK Kompetensi keahlian Teknik Pemesinan pada ta­hap: per­siapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Menggunakan metode penelitian deskriptif kuan­­titatif. Menggunakan ketentuan  proporsional random sampling jumlah sampel ada­­­lah: sebanyak 82 siswa, 10 guru, 6 instruktur industri. Teknik pengumpulan data di­­lakukan dengan observasi, kuesioner, dan wawancara. Hasil penelitian: (1) ham­bat­an pada tahap persiapan: (a) siswa kesulitan mencari tempat prakerin yang sesuai de­ngan bakat, minat, dan keahlian; (b) kesulitan mencari tempat tinggal sementara/kos; (2) hambatan pada tahap pelaksaan: (a) tidak relevannya keahlian dengan pekerjaan dan tugas yang dikerjakan siswa di tempat prakerin; (b) kedisiplinan siswa yang ren­dah; (c) penerapan K3 yang tidak sesuai SOP; (3) hambatan pada tahap evaluasi ke­­sulitan pada perencanaan karir  siswa.

Keywords


praktik indusri, DU/DI, keahlian teknik pemesinan, SMK

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.17977/tk.v40i2.10026

Jurnal Teknologi, Kejuruan, dan Pengajarannya
ISSN 2477-0442 (online)
Email: teknologikejuruan.ft@um.ac.id

Jurnal Teknologi, Kejuruan, dan Pengajarannya is indexed by: 

          

 Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License                                                                                           

 

Flag Counter      View My Stats