EFEK ADVERSITY INTELLIGENCE DAN PERSEPSI MAHASISWA MEMAHAMI PROFESI GURU TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI MENJADI GURU

Galih Prihatiandy, Setiadi Cahyono Putro, Hari Putranto

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengungkap hubungan dan sumbangan adversity intelligence (X1) dan persepsi mahasiswa memahami profesi guru (X2) de­ngan kepercayaan diri menjadi guru (Y). Penelitian ini adalah penelitian expose facto de­­ngan rancangan penelitian deskriptif korelasional. Sampel penelitian adalah ma­ha­siswa S1 PTE angkatan 2013 sejumlah 106 responden. Teknik pengumpulan data  meng­­gunakan angket, reliabilitas (apha cronbach) X1, X2, dan Y secara berturut-turut ada­­lah 0,90; 0,95; dan 0,93. Analisis data menggunakan analisis Regresi Linear Gan­da. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan antara X1 dan X2 de­­ngan Y baik secara parsial maupun simultan dan Sumbangan efektif X1 terhadap Y se­­besar 30,05%, dan X2 terhadap Y sebesar 4,30%. Efek adversity intelligence ter­hadap kepercayaan diri untuk menjadi guru lebih tinggi dibanding persepsi maha­sis­wa dalam memahami profersi guru

Keywords


adversity intelligence, persepsi mahasiswa, profesi keguruan, kepercayaan diri

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.17977/tk.v40i2.10029

Jurnal Teknologi, Kejuruan, dan Pengajarannya
ISSN 2477-0442 (online)
Email: teknologikejuruan.ft@um.ac.id

Jurnal Teknologi, Kejuruan, dan Pengajarannya is indexed by: 

          

 Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License                                                                                           

 

Flag Counter      View My Stats