KESESUAIAN LABORATORIUM SEBAGAI SUMBER BELAJAR DI PRODI TATA BOGA

Tri Sadha Bakti, M.Abdurachman Panoto Gomo

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk: (1) Menganalisis kondisi sarana dan prasarana la­­boratorium; (2) ke­sesuaian sarana dan prasarana laboratorium Tata Boga Jurusan TI-FT UM dengan standar minimal laboratorium maupun yang te­lah di­per­sya­rat­kan Permendiknas No.40 tahun 2008. Metode penelitian dan analisis di­gunakan   ranc­ang­an dan statistik deskriftif.  Hasilpenelitian   kondisi peralatan di La­boratorium Pastry (luas ruang 136m2,intensitas cahaya dan kuat arus pencahayaan   710 lux ) 82,57% se­suai standar minimal. Prasarana   (lantai,warna dinding,sirkulasi uda­ra, tempat cuci peralatan dan bahan)tersedia dan  memadai. Kondisi laboratorium Pro­duksi(jumlah peralatan, lantai keramik, sirkulasi udara)  56,00% sesuai dan me­madai,    di­dukung jendela sepanjang 12m dan exhouse fan dan kipas angin dibe­be­ra­pa titik, re­rataintensitas cahaya 990 lux dengan luas ruangan 80m2, kuat arus pen­ca­hayaan da­lam laboratorium sangat memenuhi. Laboratorium Industri kondisi per­alatan 50,00% me­­menuhi standar,luas ruang 96m2untuk 30 mahasiswa kurang me­me­nuhi. In­ten­si­tas cahaya 710 lux, kuat arus pencahayaan  laboratorium sudah me­me­nuh­i, namun kon­disi lantai belum memenuhi dari segi kemiringan dan material.

Keywords


kesesuaian laboratorium, sarana, prasarana, sumber belajar

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.17977/tk.v40i2.10048

Jurnal Teknologi, Kejuruan, dan Pengajarannya
ISSN 2477-0442 (online)
Email: teknologikejuruan.ft@um.ac.id

Jurnal Teknologi, Kejuruan, dan Pengajarannya is indexed by: 

          

 Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License                                                                                           

 

Flag Counter      View My Stats