KERJASAMA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN DAN INDUSTRI (STUDI KASUS PENDIDIKAN KELAS INDUSTRI SMK NASIONAL MALANG DENGAN ASTRA HONDA MOTOR)

Widiyanti Widiyanti, Solichin Solichin, Yoto Yoto

Abstract


Salah satu cara peningkatan mutu  lulusan SMK Nasional adalah  dengan  me­­laksanakan pendidikan kelas industri bekerjasama dengan PT Astra Honda Motor. Oleh karena itu perlu dideskripsikan: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) evaluasi, dan (4) faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan; pendidikan kelas kerjasama. Pe­­nelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Pe­­nelitian dilaksanakan pada Semester ganjil 2016/2017 di SMK Nasional Malang.  Ha­sil penelitian menggambarkan terdapat kerjasama yang berkategori baik antara ke­dua pihak dalam hal: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, dan (3) evaluasi, dan (4) men­da­pat dukungan yang positif dari komite sekolah dan warga sekolah (guru, staf ad­mi­nis­­trasi, dan karyawan), serta industri. Faktor penghambat terungkap dari faktor sis­wa, yaitu meliputi: motivasi dan   semangat belajar yang rendah.

 


Keywords


kerjasama, SMK, kelas industri, PT. AHM

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.17977/tk.v40i2.10049

Jurnal Teknologi, Kejuruan, dan Pengajarannya
ISSN 2477-0442 (online)
Email: teknologikejuruan.ft@um.ac.id

Jurnal Teknologi, Kejuruan, dan Pengajarannya is indexed by: 

          

 Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License                                                                                           

 

Flag Counter      View My Stats