EVALUASI PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MODEL CIPP PADA MATA PELAJARAN PRODUKTIF KOMPETENSI KEAHLIAN MULTIMEDIA DI SMK

Amidatus Shollihat Jamil, Amat Mukhadis, Waras Waras

Abstract


Tujuan penelitian adalah mengevaluasi pelaksanaan pembelajaran produktif kom­­petensi multimedia di SMK, ditinjau dari aspek context, input, proses, dan pro­duk. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian multi situs dengan sub­­jek penelitian dilakukan dengan teknik purposive sampling dan menetapkan ke­pala se­­­kolah, wakil kepala sekolah bidang sarpras dan kurikulum, kepala kompetensi ke­­ahli­an, guru produktif multimedia, dan siswa kelas XI Kompetensi Keahlian Mul­ti­media SMKN 1 Grati dan SMKN 1 Purwosari Pasuruan sebagai subjek pe­ne­liti­an. Tek­­nik pengumpulan data menggunakan angket, ob­­ser­vasi dan wawancara. Teknik ana­­li­sis data meng­guna­kan ana­lisis deskriptif kua­li­ta­tif de­ngan analisis multisitus. Ha­sil pe­­­nelitian me­nun­juk­kan bah­wa ada standar yang ha­rus di­setarakan, mulai dari ke­­bi­jak­an pendirian kom­petensi ke­ahlian yang bias ber­dam­pak pada proses pem­bel­ajaran hing­ga output dari proses pem­belajaran.

Keywords


evaluasi, model CIPP, mata pelajaran produktif, SMK, multimedia

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.17977/tk.v41i1.10780

Jurnal Teknologi, Kejuruan, dan Pengajarannya
ISSN 2477-0442 (online)
Email: teknologikejuruan.ft@um.ac.id

Jurnal Teknologi, Kejuruan, dan Pengajarannya is indexed by: 

          

 Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License                                                                                           

 

Flag Counter      View My Stats