HUBUNGAN KESIAPAN BELAJAR, MANAJEMEN WAKTU, KECEMASAN DALAM MENGERJAKAN TES, DAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN TEKNIK LISTRIK DASAR OTOMOTIF SISWA SMK
Abstract
Tujuan penelitian adalah mengungkap dan mendeskripsikan kesiapan belajar, manajemen waktu, kecemasan sebagai variasi bebas dalam mengerjakan tes, dan hasil belajar siswa kelas X Teknik Kendaraan Ringan pada mata pelajaran Teknik Listrik Dasar Otomotif SMK di SMK Islam 1 Blitar, serta untuk menguji signifikansi hubungan variabel bebas dengan hasil belajar siswa secara simultan dan secara parsial. Sampel berjumlah 146 siswa dengan metode Simple Random Sampling. Pengambilan data menggunakan angket dan dokumentasi, dengan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan secara simultan kesiapan belajar, manajemen waktu, dan kecemasan dalam mengerjakan tes dengan hasil belajar, ada hubungan positif yang signifikan kesiapan belajar dengan hasil belajar, manajemen waktu dengan hasil belajar, dan ada hubungan negatif yang signifikan kecemasan dalam mengerjakan tes dengan hasil belajar.
Keywords
kesiapan belajar; manajemen waktu; kecemasan dalam mengerjakan tes; hasil belajar
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.17977/tk.v41i1.10783
Jurnal Teknologi, Kejuruan, dan Pengajarannya
ISSN 2477-0442 (online)
Email: teknologikejuruan.ft@um.ac.id
Jurnal Teknologi, Kejuruan, dan Pengajarannya is indexed by:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
![](/public/site/images/angger/logo_um_transparancopy.png)