HUBUNGAN KESIAPAN BELAJAR, MANAJEMEN WAKTU, KECEMASAN DALAM MENGERJAKAN TES, DAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN TEKNIK LISTRIK DASAR OTOMOTIF SISWA SMK

Wira Yogo Minarto

Abstract


Tujuan penelitian adalah mengungkap dan mendeskripsikan kesiapan bel­ajar, manajemen waktu, kecemasan sebagai variasi bebas dalam mengerjakan tes, dan ha­­­­sil belajar siswa kelas X Teknik Kendaraan Ringan pada mata pelajaran Teknik Lis­t­­rik Dasar Otomotif SMK di SMK Islam 1 Blitar, serta untuk menguji signifikansi hu­­­bungan variabel bebas dengan hasil belajar siswa secara simultan dan secara par­sial. Sampel berjumlah 146 siswa dengan metode Simple Random Sampling. Peng­am­bil­an data menggunakan angket dan dokumentasi, dengan analisis regresi linier ber­ganda. Hasil penelitian menunjukkan  ter­dapat hubungan yang signifikan se­cara si­­multan kesiapan belajar, manajemen waktu, dan kecemasan dalam menger­ja­kan tes de­­ngan hasil belajar, ada hubungan positif yang signifikan kesiapan belajar de­ngan hasil belajar, manajemen waktu dengan hasil bel­ajar, dan ada hubungan ne­gatif yang sig­­nifikan kecemasan dalam mengerjakan tes de­ngan hasil belajar.

Keywords


kesiapan belajar; manajemen waktu; kecemasan dalam mengerjakan tes; hasil belajar

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.17977/tk.v41i1.10783

Jurnal Teknologi, Kejuruan, dan Pengajarannya
ISSN 2477-0442 (online)
Email: teknologikejuruan.ft@um.ac.id

Jurnal Teknologi, Kejuruan, dan Pengajarannya is indexed by: 

          

 Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License                                                                                           

 

Flag Counter      View My Stats