PEMAHAMAN GURU TERHADAP TINGKAT BERPIKIR SOAL YANG DISUSUN PADA KEAHLIAN TEKNIK BANGUNAN SMK
Abstract
Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan: (1) tingkat berpikir soal ujian, (2) pemahaman guru tentang tingkat berpikir soal ujian, dan (3) hubungan pengalaman kerja dengan pemahaman guru tentang tingkat berpikir. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif persentase dan korelasi Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan: (1) soal ujian yang dibuat guru terdiri 55,03% tingkat berpikir mengingat (C1), 23,97% memahami (C2), 20,28% aplikasi (C3), dan 0,72% analisis (C4); (2) pemahaman guru terhadap tingkat berpikir soal ujian yang disusun adalah C1= 90,37%, C2= 50,69%, C3= 92,11%, dan C4= 50,43%; (3) terdapat hubungan positif yang signifikan pengalaman kerja dengan pemahaman guru tentang tingkat berpikir soal ujian, dengan r = 0,48 dan sig. 1-tailed = 0,00.
Keywords
berpikir; soal; guru
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.17977/tk.v41i1.10784
Jurnal Teknologi, Kejuruan, dan Pengajarannya
ISSN 2477-0442 (online)
Email: teknologikejuruan.ft@um.ac.id
Jurnal Teknologi, Kejuruan, dan Pengajarannya is indexed by:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
![](/public/site/images/angger/logo_um_transparancopy.png)