PENGARUH METODE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP HASIL BELAJAR BIDANG STUDI SISTEM PEMINDAH TENAGA
Abstract
The objective of study was to know the effect of STAD methods and motivation achievement on the learning achievements. The subject in this research was student class of XII automotive the Vocational High School at power train study. This research used quasy experiment. Results of the ANAVA indicated that (1), there was a significant difference on the learning achievements between the STAD with conventional teaching, (2) there was a significant difference on the learning achievements between the groups in hight and low of achievement motivation, and (3) there was a significant interaction on the learning achievements between learning method and level of achievement motivation.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran STAD dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII SMK Jurusan Teknik Kendaraan Ringan Bidang Studi Sistem Pemindah Tenaga. Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimental semu. Hasil ANAVA menunjukkan bahwa (1) ada perbedaan hasil belajar yang signifikan antara kelompok STAD dengan konvensional, (2) ada perbedaan hasil belajar yang signifikan antara kelompok motivasi berprestasi tinggi dan rendah, dan (3) ada interaksi hasil belajar yang signifikan antara metode pembelajaran STAD dan motivasi berprestasi.
Keywords
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.17977/tk.v33i2.3051
Jurnal Teknologi, Kejuruan, dan Pengajarannya
ISSN 2477-0442 (online)
Email: teknologikejuruan.ft@um.ac.id
Jurnal Teknologi, Kejuruan, dan Pengajarannya is indexed by:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
View My Stats