MODEL PEMBELAJARAN KOLABORATIF ANTARA LEMBAGA PENDIDIKAN DENGAN INDUSTRI DI DAERAH TERPENCIL (STUDI KASUS DI POLITEKNIK KOTABARU)

Didik Nurhadi

Abstract


Collaborative learning model is applied by several educational institutions and industries at the isolated area due to ability of the human resources competition to get a job are very low. Objective of this research is to provide planning, implemen­ta­tion, evaluation over the implementation and result of the collaborative learning, as well as obstacles in its implementation. Results of this research show that plan, imple­mentation, evaluation over the implementation, evaluation of the collabo­rative learning result should be improved. It is suggested to make MOU between educatio­nal institu­tion and industries related with the planning to improve quality of the process and learning result. Some improvement should be for evaluating of the imple­mentation and learning results. Competency test of the learners is badly needed to find out the evaluation result.

Model pembelajaran kolaboratif diterapkan oleh beberapa institusi pen­didik­an dan industri pada kawasan yang terisolir dimana kemampuan daya saing dalam memperoleh pekerjaan adalah rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh perencanaan, implementasi, evaluasi dari implementasi, dan evaluasi hasil dari pembelajaran kolaboratif serta hambatan-hambatan dalam implementasinya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan, implementasi, evaluasi dari imple­mentasi, dan evaluasi hasil pembelajaran kolaboratif dapat diperbaiki dan disarankan untuk membuat MOU antara institusi pendidikan dan industri yang berhubungan dengan perencanaan perbaikan kualitas proses dan hasil pembelajaran. Beberapa per­baikan sebaiknya dilakukan pada evaluasi implementasi dan hasil pembelajaran. Uji kompetensi dari pebelajar me­nunjukkan hasil yang kurang memuaskan seperti di­tunjuk­kan pada hasil evaluasi.


Keywords


pembelajaran kolaboratif; daerah terpencil; daya saing; sekolah kejuruan

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.17977/tk.v32i2.3094

Jurnal Teknologi, Kejuruan, dan Pengajarannya
ISSN 2477-0442 (online)
Email: teknologikejuruan.ft@um.ac.id

Jurnal Teknologi, Kejuruan, dan Pengajarannya is indexed by: 

          

 Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License                                                                                           

 

Flag Counter      View My Stats