Identifikasi Kualitas Layanan Purna Jual Perusahaan Pengembang di Daerah Malang

Suparno Suparno

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan visi perusahaan pengembang terhadap layanan purna jual, kualitas layanan purna jual, tingkat kepuasan konsumen terhadap layanan purna jual serta mengetahui hubungan dan perbedaan antar variabel tersebut. Data penelitian ini dikumpulkan dari 85 orang personal perusahaan pengembang dan 446 orang konsumen yang membeli rumah dari perusahaan pengembang. Hasil analisis data menunjukkan bahwa: (1) visi terhadap layanan purna jual, kualitas layanan purna jual perusahaan pengembang dari tingkat kepuasan konsumen terhadap layanan purna jual dari perusahaan pengembang memiliki kualifikasi baik, (2) ada hubungan positip antara visi terhadap layanan purna jual dengan kualitas layanan purna jual, serta kualitas layanan purna jual dengan kepuasan konsumen, (3) secara bersama- sama ada perbedaan visi terhadap layanan purna jual dan kualitas layanan purna jual antara perusahaan pengembang rumah tipe kecil, tipe sedang dan tipe besar, dan (4) secara bersama-sama ada perbedaan kepuasan konsumen terhadap layanan purna jual yang diberikan oleh perusahaan pengembang rumah tipe kecil, tipe sedang, dan tipe besar.



DOI: http://dx.doi.org/10.17977/tk.v26i1.374

Jurnal Teknologi, Kejuruan, dan Pengajarannya
ISSN 2477-0442 (online)
Email: teknologikejuruan.ft@um.ac.id

Jurnal Teknologi, Kejuruan, dan Pengajarannya is indexed by: 

          

 Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License                                                                                           

 

Flag Counter      View My Stats