PENGARUH KETELADANAN DOSEN DAN PENGETAHUAN PEDAGOGIK TERHADAP SITUATIONAL AWARENESS MAHASISWA CALON GURU JURUSAN TEKNIK ELEKTRO

Mahani Rosyidha, Setiadi Cahyono Putro, Yuni Rahmawati

Abstract


Tujuan penelitian untuk mengungkap signifikansi hubungan pengetahuan pedagogik mahasiswa (X1) dan keteladanan dosen (X2) dengan situational awareness mahasiswa (Y). Rancangan penelitian ini adalah korelasional. Penelitian dilakukan pada mahasiswa S1 Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang dengan sam-pel 158 mahasiswa. Pengumpulan data variabel X1 menggunakan dokumentasi, se-dangkan X2 dan Y menggunakan angket. Analisis data menggunakan analisis regresi linear ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat terdapat hubungan yang positif dan signifikan: X1 dengan Y (rx1y = 0.210) ; X2 dengan Y (rx2y = 0.316); dan secara simultan X1 dan X2 dengan Y (Rx1x2y = 0.198.

Keywords


kemampuan pedagogik; keteladanan dosen; situational awareness

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.17977/tk.v38i2.4954

Jurnal Teknologi, Kejuruan, dan Pengajarannya
ISSN 2477-0442 (online)
Email: teknologikejuruan.ft@um.ac.id

Jurnal Teknologi, Kejuruan, dan Pengajarannya is indexed by: 

          

 Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License                                                                                           

 

Flag Counter      View My Stats