KONTRIBUSI PELAKSANAAN PRAKERIN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL PRAKERIN SISWA SMK

Andi Muadz Palerangi, Fiskia Rera Baharuddin, Amirudin Amirudin

Abstract


Tujuan penelitian untuk mengungkapkan konstribusi; (1) pelaksanaan pra-kerin (X1) dan (2) motivasi belajar siswa (X2) terhadap hasil belajar prakerin (Y); se-cara parsial maupun simultan. Metode penelitian menggunakan rancangan koresional. Penelitian dilaksanakan di SMKN 3 Makassar, Kelas XII Jurusan Teknik Pemesinan dengan jumlah responden 48 siswa. Teknik pengumpulan data variabel X1 dan X2 menggunakan angket dan Variabel Y menggunakan lembar observasi. Analisis data menggunakan regresi linear berganda dengan bantuan SPSS Versi 19. Hasil penelitian menyatakan bahwa: (1) pelaksanaan prakerin berkontribusi terhadap hasil belajar pra-kerin sebesar 11,40%, (2) motivasi belajar siswa berkontribusi terhadap hasil belajar prakerin sebesar 13,30%, dan (3) pelaksanaan prakerin dan motivasi belajar siswa se-cara simultan berkonstribusi terhadap hasil belajar prakerin sebesar 19,80%.

Keywords


praktek kerja industri; motivasi belajar; hasil belajar

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.17977/tk.v38i2.4956

Jurnal Teknologi, Kejuruan, dan Pengajarannya
ISSN 2477-0442 (online)
Email: teknologikejuruan.ft@um.ac.id

Jurnal Teknologi, Kejuruan, dan Pengajarannya is indexed by: 

          

 Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License                                                                                           

 

Flag Counter      View My Stats