Optimasi Algoritme FFT Split Radix

Wahyu Sakti Gunawan Irianto

Abstract


Dalam merancang konstruksi pesawat terbang, analisis kelelahan material merupakan hal yang penting dilakukan. Kelelahan suatu material yang utama terjadi karena pengaruh variasi beban yang dialami. Salah satu metode untuk mengetahui tingkat kerusakan yang diakibatkan oleh kelelahan material paduan aluminium adalah dengan uji kelelahan siklus rendah (low cycle fatigue test) sesuai standar ASTM E 8 (E8-82) dan E 606 (E606-80). Paduan aluminium Al 7475-761 memiliki kekuatan lelah yang lebih tinggi, baik kekuatan statik maupun kekuatan dinamik yang digambarkan melalui kurva regangan-umur lelah. Cacat retak pada satu sisi (single edge crack) dan diperkuat dengan material komposit CFRP dilakukan dengan 2 pendekatan, yaitu pendekatan eksperimen dan pendekatan teoritik. Secara teoritik dan eksperimen terhadap retak yang dihasilkan cenderung merambat dengan kecepatan relatif konstan. Model analitik dapat memprediksikan hasil secara teoritik terhadap perambatan retak lelah sangat mendekati hasil eksperimen.



DOI: http://dx.doi.org/10.17977/tk.v21i2.544

Jurnal Teknologi, Kejuruan, dan Pengajarannya
ISSN 2477-0442 (online)
Email: teknologikejuruan.ft@um.ac.id

Jurnal Teknologi, Kejuruan, dan Pengajarannya is indexed by: 

          

 Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License                                                                                           

 

Flag Counter      View My Stats