Hubungan Antara Penguasaan Pengetahuan Prasyarat, Kemampuan Berpikir, dan Lamanya Menyelesaikan Soal dengan Keberhasilam Memecahkan Soal-Soal Kinematika
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk menganalisis adakah korelasi antara penguasaan pengetahuan prasyarat (prinsip-prinsip kinematika dan matematika), kemampuan berpikir, dan lamanya menyelesaikan soal dengan keberhasilan memecahkan soal-soal kinematika, (2) untuk menganalisis kontribusi dari penguasaan pengetahuan prasyarat, kemampuan berpikir, dan lamanya menyelesaikan soal dalam memprediksi keberhasilan memecahkan soal-soal kinematika. Subjek penelitian adalah mahasiswa PTM FPTK IKIP Malang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ada korelasi (r = 0,79) antara penguasaan pengetahuan prasyarat dan kemampuan berpikir dengan keberhasilan memecahkan soal-soal kinematika, namun tidak ada korelasi antara lamanya menyelesaikan soal dengan keberhasilan memecahkan soal-soal kinematika; dan (2) dalam memprediksi keberhasilan memecahkan soal-soal kinematika, penguasaan prinsip-prinsip kinematika dan matematika memberi kontribusi 42,59%, kemampuan berpikir 35%, dan lamanya menyelesaikan soal 1,44%.
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/tk.v21i2.553
Jurnal Teknologi, Kejuruan, dan Pengajarannya
ISSN 2477-0442 (online)
Email: teknologikejuruan.ft@um.ac.id
Jurnal Teknologi, Kejuruan, dan Pengajarannya is indexed by:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
![](/public/site/images/angger/logo_um_transparancopy.png)