Batas Kecepatan Kestabilan Kendaraan Dipengaruhi Penyetelan Toe-In dan Toe-Out pada Kendaraan Toyota Kijang

Tuwoso Tuwoso, Syarif Suhartadi, M. Alfian Mizar, Sukarnati Kusdi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menemukan batas kecepatan kestabilan kendaraan pada penyetelan toe-in dan toe-out mulai dari 1 mm sampai 5 mm pada kendaraan toyota kijang. Disamping itu untuk menemukan batas penyetelan toe-in dan toe-out yang tepat. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah kendaraan Toyota Super Kijang. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi. Hasil dari analisis data diperoleh penyetelan toe-in dan toe-out yang tepat untuk mencapai kecepatan maksimum kestabilan kendaraan adalah pada penyetelan toe-in sebesar 3 mm dan 4 mm, sedangkan penyetelan toe-out sebesar 1 mm dan 2 mm.



DOI: http://dx.doi.org/10.17977/tk.v20i2.578

Jurnal Teknologi, Kejuruan, dan Pengajarannya
ISSN 2477-0442 (online)
Email: teknologikejuruan.ft@um.ac.id

Jurnal Teknologi, Kejuruan, dan Pengajarannya is indexed by: 

          

 Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License                                                                                           

 

Flag Counter      View My Stats