Pengembangan Modul Pembelajaran Individual: Penerapannya pada MataKuliah Teori Permesinan di Jurusan Teknik Mesin FPTK IKIP MALANG

Eddy Sutadji

Abstract


Modul pembelajaran sebagai salah satu sumber belajar memiliki peran yang besar dalam mengoptimalkan kegiatan belajar dan perolehan belajar mahasiswa. Hal ini karena modul pemebelajaran dapat memenuhi perbedaan karakteristik individu mahasiswa berkaitan dengan minat, bakat, motivasi, cara belajar, kecepatan daya tangkap, dan keunikan kebutuhan. Dengan komponen modul yang lengkap dan layak, modul pemeblajaran dapat memudahkan belajar serta memberikan kemandirian kepada mahasiswa. Penelitian ini menekankan pengembangan pada penataan komponen modul pembelajaran dengan mengambil matakuliah Teori Permesinan sebagai sampel. Ujicoba hasil pengembangan dilakukan dengan subyek para dosen dan mahasiswa Jurusan PTM FPTK IKIP MALANG serta ahli perancang pembelajaran PPS IKIP MALANG.



DOI: http://dx.doi.org/10.17977/tk.v20i2.583

Jurnal Teknologi, Kejuruan, dan Pengajarannya
ISSN 2477-0442 (online)
Email: teknologikejuruan.ft@um.ac.id

Jurnal Teknologi, Kejuruan, dan Pengajarannya is indexed by: 

          

 Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License                                                                                           

 

Flag Counter      View My Stats