PENGETAHUAN PEDAGOGIK DAN KETEKNIKAN SEBAGAI PREDIKTOR KEMAMPUAN ADAPTASI CALON GURU PADA MAHASISWA JURUSAN TEKNIK ELEKTRO FT UM
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk menyajikan sumbangan relatif dan efektif anta-ra : (1) pengetahuan pedagogik (X1) terhadap kemampuan adaptasi (Y) secara parsial; (2) pengetahuan keteknikan (X2) terhadap Y secara parsial; dan (3) X1 dan X2 terha-dap Y secara simultan. Jenis penelitian adalah expose facto dengan rancangan peneli-tian deskriptif korelasional. Penelitian ini dilakukan terhadap mahasiswa PTE FT UM angkatan 2012 sejumlah 104 responden. Data pengetahuan pedagogik dan ketek-nikan adalah data sekunder (IPK), adapun data kemampuan adaptasi diungkap dengan angket yang memiliki reliabilitas 0,876 (alpha Cronbach). Analisis data bertumpu pada analisis regresi linear ganda. Hasil penelitian: pertama, persamaan regresi yang diperoleh yaitu: Y = 0,903X1 + 0,129X2 – 23,966. Kedua, sumbangan relatif X1 ter-hadap Y sebesar 98,00% dan X2 terhadap Y sebesar 2,00%; sumbangan efektif X1 ter-hadap Y sebesar 59,40%, dan X2 terhadap Y sebesar 1,20%, serta X1 dan X2 terhadap Y sebesar 60,60%. Kemampuan pedagogik merupakan prediktor yang lebih efektif dibandingkan pengetahuan keteknikan terhadap kemampuan adaptasi
Keywords
pengetahuan; pedagogik; keteknikan; adaptasi
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.17977/tk.v39i1.6625
Jurnal Teknologi, Kejuruan, dan Pengajarannya
ISSN 2477-0442 (online)
Email: teknologikejuruan.ft@um.ac.id
Jurnal Teknologi, Kejuruan, dan Pengajarannya is indexed by:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
View My Stats