ANALISIS PELAKSANAAN PRAKERIN SISWA SMK PROGRAM KEAHLIAN TATA BUSANA DI MALANG RAYA

Agus Hery Supadmi Irianti, Marji Marji, Syarif Suhartadi, Trisnani Widowati

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan analisis pelaksanaan prakerin. Jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMK program keahlian Tata Busana di Malang Raya kelas XII se-jumlah 329 siswa. Teknik sampling yang digunakan sampling jenuh, sedangkan tek-nik analisis menggunakan analisis deskriptif (kategorikal). Hasil penelitian menun-jukkan: sarpras dalam kategori relevan menurut 161 siswa (48,94%), pembimbingan cukup relevan 166 (50,64%), kompetensi cukup relevan 147 (44,64%) dan peran sis-wa relevan 184 (55,93%). Hal ini masih kurang dari yang diharapkan. Saran: (1) in-dustri agar berperan aktif dalam hal pembimbingan dan memberikan kesempatan ke-pada siswa SMK program keahlian Tata Busana untuk memperoleh kompetensi se-suai standar kebutuhan tenaga kerja; dan (2) pihak sekolah menjalin kerjasama de-ngan Du/Di yang diimplementasikan dalam pelaksanaan prakerin.

Keywords


pelaksanaan prakerin; siswa SMK; Tata Busana

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.17977/tk.v39i1.6647

Jurnal Teknologi, Kejuruan, dan Pengajarannya
ISSN 2477-0442 (online)
Email: teknologikejuruan.ft@um.ac.id

Jurnal Teknologi, Kejuruan, dan Pengajarannya is indexed by: 

          

 Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License                                                                                           

 

Flag Counter      View My Stats