PERBEDAAN PRESTASI BELAJAR PEMROGRAMAN DASAR PENERAPAN PJBL DIBANDINGKAN TPS PADA SISWA KELAS X TKJ DI SMK

Lia Nur Enis Ratna Wijayanti, Tri Atmadji Sutikno, Dyah Lestari

Abstract


Tujuan penelitian untuk mengungkap perbedaan prestasi belajar Pemro-graman Dasar materi Algoritma Percabangan siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dan Think pair Share (TPS). Rancang-an penelitian menggunakan pretest-posttest control group design. Subjek penelitian adalah siswa Kelas X Paket Keahlian TKJ di SMK Negeri 2 Singosari Malang seba-nyak 67 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah sampling jenuh, karena selu-ruh anggota populasi digunakan sebagai sampel. Instrumen penelitian menggunakan instrumen perlakuan dan pengukuran. Teknik analisis data: (1) uji prasyarat (normali-tas, homogenitas, dan uji kesamaan dua rerata kemampuan awal); dan (2) uji hipotesis (uji-t). Hasil penelitian menunjukkan ada perbedaan prestasi belajar yang signifikan antara kelas PjBL dan TPS.

Keywords


prestasi belajar; PjBL; TPS; pemrograman dasar

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.17977/tk.v39i1.6648

Jurnal Teknologi, Kejuruan, dan Pengajarannya
ISSN 2477-0442 (online)
Email: teknologikejuruan.ft@um.ac.id

Jurnal Teknologi, Kejuruan, dan Pengajarannya is indexed by: 

          

 Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License                                                                                           

 

Flag Counter      View My Stats