HUBUNGAN MOTIVASI BERPRESTASI, KECAKAPAN (ABILITY) DAN LINGKUNGAN KERJA GURU DENGAN PELAKSANAAN PENGEMBANGAN KEPROFESIAN BERKELANJUTAN (PKB)

Mohammad Farid, Amat Mukhadis

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan motivasi berprestasi, kecakapan (ability) dan lingkungan kerja guru dengan unsur-unsur pengembangan diri, publikasi ilmiah dan karya inovatif dengan menggunakan metode analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan tidak ada hubungan motivasi berprestasi dengan pengembangan diri dan publikasi ilmiah tapi motivasi berprestasi berhubungan dengan karya inovatif, kecakapan (ability) berhubungan dengan pengembangan diri, publikasi ilmiah dan karya inovatif. Demikian juga lingkungan kerja berhubungan dengan pengembangan diri, publikasi ilmiah dan karya inovatif, secara bersama-sama motivasi berprestasi, kecakapan (ability) dan lingkungan kerja berhubungan dengan pengembangan diri, publikasi ilmiah dan karya inovatif.

Keywords


motivasi berprestasi; kecakapan (ability) guru dan lingkungan kerja dengan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB)

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.17977/tk.v39i2.7787

Jurnal Teknologi, Kejuruan, dan Pengajarannya
ISSN 2477-0442 (online)
Email: teknologikejuruan.ft@um.ac.id

Jurnal Teknologi, Kejuruan, dan Pengajarannya is indexed by: 

          

 Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License                                                                                           

 

Flag Counter      View My Stats