PENERAPAN MODEL PBL PADA MATA PELAJARAN TEKNIK KERJA BENGKEL UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI, AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMK

Agus Suyetno, Ewit Irniyah, Hakkun Elmunsyah, Puger Hoggowiyono

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk me­ne­rap­kan model PBL untuk meningkatkan mo­tivasi, aktifitas dan hasil belajar siswa di SMK. Metode penelitian yang digunakan ada­lah PTK. Siklus penelitian terdiri dari empat tahap yaitu: (1) perencanaan tin­dak­an; (2) pelaksanaan tindakan; (3) pe­ng­amat­an/observasi; dan (4) refleksi. Subjek dari pe­nelitian ini adalah siswa Me­ka­tro­ni­ka kelas X SMKN 2 Singosari yang berjumlah 36 orang. Hasil penelitian adalah: (1) motivasi siswa ada peningkatan dari si­klus ke 1 ke siklus ke 2 yaitu sebesar 3% dan siklus ke3 peningkatannya sebesar 11,00%; (2) ha­­sil aktivitas siswa ada peningkatan dari siklus 1 ke siklus 2 sebesar 82,00% dan ter­jadi peningkatan siklus 3 sebesar 88,00%; (3) sedangkan hasil belajar sis­wa ranah si­kap juga mengalami peningkatan untuk kategori sangat baik sebesar 25,00%; (4) un­tuk ranah pengetahuan rerata dari siklus 1 sampai siklus ke3 mengalami peningkatan, de­ngan ketuntasan sebesar 100,00%; dan (5) ranah keterampilan sampai siklus 3 me­ning­­kat sebesar 3,75%.

Keywords


PBL; motivasi belajar; aktivitas belajar dan hasil belajar

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.17977/tk.v40i1.9656

Jurnal Teknologi, Kejuruan, dan Pengajarannya
ISSN 2477-0442 (online)
Email: teknologikejuruan.ft@um.ac.id

Jurnal Teknologi, Kejuruan, dan Pengajarannya is indexed by: 

          

 Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License                                                                                           

 

Flag Counter      View My Stats