PELAKSANAAN PENILAIAN PADA PEMBELAJARAN KOMPETENSI INTI KURIKULUM 2013 KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN

Abdurrahman Aziz, Sutrisno Sutrisno

Abstract


Tujuan penelitian ini mendeskripsikan pelaksanaan penilaian pada kom­pe­ten­si inti kurikulum 2013 Keahlian Teknik Gambar Bangunan Sekolah Menengah Ke­juruan. Penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan pelaksanaan pe­nilaian (1) Kompetensi Inti-1 sebesar 87,50% terlaksana baik, penilaian paling ba­nyak menggunakan teknik observasi, dan paling sedikit menggunakan teknik jurnal; (2) Kompetensi Inti-2 sebesar 83,33% terlaksana baik, penilaian terbanyak meng­gu­na­kan teknik observasi, dan paling sedikit menggunakan teknik penilaian antar pe­ser­ta didik; (3) Kompetensi Inti-3 sebesar 91,67% terlaksana baik, penilaian terbanyak meng­gunakan teknik tes tulis, dan paling sedikit menggunakan teknik penilaian se­cara lisan; (4) Kompetensi Inti-4 sebesar 79,17% terlaksana baik, penilaian terbanyak meng­gunakan teknik tes praktik, dan paling sedikit menggunakan teknik portofolio.

Keywords


penilaian; kompetensi; inti

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.17977/tk.v40i1.9658

Jurnal Teknologi, Kejuruan, dan Pengajarannya
ISSN 2477-0442 (online)
Email: teknologikejuruan.ft@um.ac.id

Jurnal Teknologi, Kejuruan, dan Pengajarannya is indexed by: 

          

 Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License                                                                                           

 

Flag Counter      View My Stats