PENGARUH ASPEK SOSIAL PSIKOLOGIS TERHADAP KESIAPAN MENJADI GURU SMK DI JURUSAN TE FT UM

Setiadi Cahyono Putro, Hakkun Elmunsyah, Hari Putranto, Ahmad Mursyidun Nidhom

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengungkap aspek muatan kurikulum sosial psi­­­kologis yang paling berpengaruh terhadap kesiapan calon guru Sekolah Menengah Ke­­juruan. Selain kemampuan psikologis, menurut observasi awal variabel Ke­mam­pu­an pedagogik yang selama ini menjadi salah satu prasyarat untuk guru ser­tifi­kasi juga mem­berikan implikasi positif kepada calon guru. Penelitian ini meng­gu­nakan pen­de­kat­an korelasional. Sampel yang digunakan sebanyak 40 calon pendidik yang diambil de­ngan teknik simple random sampling. Instrumen yang digunakan ada­lah nontest (ang­ket) untuk menjaring variabel muatan kurikulum yang berkolerasi. Uji hipotesis meng­gunakan uji korelasi ganda dan regresi ganda.

Keywords


kurikulum; sosial psikologis; kemampuan pedagogik

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.17977/tk.v40i1.9661

Jurnal Teknologi, Kejuruan, dan Pengajarannya
ISSN 2477-0442 (online)
Email: teknologikejuruan.ft@um.ac.id

Jurnal Teknologi, Kejuruan, dan Pengajarannya is indexed by: 

          

 Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License                                                                                           

 

Flag Counter      View My Stats