ILMU PENDIDIKAN

Open Journal Systems
Journal Help
User
Language
Journal Content

Browse
  • By Issue
  • By Author
  • By Title
  • Other Journals
Font Size

Information
  • For Readers
  • For Authors
  • For Librarians
  • Home
  • About
  • Login
  • Search
  • Current
  • Archives
Home > Vol 23, No 2 (1996) > Kusmintardjo

Model Hubungan Kausal antara Pendidikan, Pengalaman Kerja dan Persepsi tentang Tujuan Pendidikan dengan Performansi Manajerial Kepala Sekolah di Sekolah Dasar

Kusmintardjo Kusmintardjo

Abstract


 Keberhasilan kepala sekolah mencapai tujuan pendidikan di sekolah ditentukan oleh kemampuan manajerialnya. Penelitian ini menguji model hubungan kausal antara pendidikan, pengalaman kerja, dan persepsi tentang tujuan pendidikan dengan performansi manajerial kepala sekolah. Data dikumpulkan dengan angket kepada 150 Kepala SD dalam sampel rambang proporsional. Ditemukan bahwa persepsi tentang tujuan pendidikan memiliki hubungan kausal secara langsung dengan performansi manajerial kepala sekolah. Namun tingkat pendidikan dan pengalaman kerja tidak memiliki hubungan kausal baik dengan persepsi tentang tujuan pendidikan maupun dengan performansi manajerial kepala sekolah.