ILMU PENDIDIKAN
Open Journal Systems
Journal Help
User
Username
Password
Remember me
Language
Select Language
English
Bahasa Indonesia
Journal Content
Search
Search Scope
All
Authors
Title
Abstract
Index terms
Full Text
Browse
By Issue
By Author
By Title
Other Journals
Font Size
Information
For Readers
For Authors
For Librarians
Home
About
Login
Search
Current
Archives
Home
>
Vol 23, No 2 (1996)
>
Kusmintardjo
Model Hubungan Kausal antara Pendidikan, Pengalaman Kerja dan Persepsi tentang Tujuan Pendidikan dengan Performansi Manajerial Kepala Sekolah di Sekolah Dasar
Kusmintardjo Kusmintardjo
Abstract
Keberhasilan kepala sekolah mencapai tujuan pendidikan di sekolah ditentukan oleh kemampuan manajerialnya. Penelitian ini menguji model hubungan kausal antara pendidikan, pengalaman kerja, dan persepsi tentang tujuan pendidikan dengan performansi manajerial kepala sekolah. Data dikumpulkan dengan angket kepada 150 Kepala SD dalam sampel rambang proporsional. Ditemukan bahwa persepsi tentang tujuan pendidikan memiliki hubungan kausal secara langsung dengan performansi manajerial kepala sekolah. Namun tingkat pendidikan dan pengalaman kerja tidak memiliki hubungan kausal baik dengan persepsi tentang tujuan pendidikan maupun dengan performansi manajerial kepala sekolah.