PEMANFAATAN MEDIA LEMBAR BALIK FLANEL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MENGENAL BILANGAN 1 SAMPAI 10 SISWA TUNAGRAHITA KELAS I SDLB

Irfan Adi Candra, Abdul Huda

Abstract


Abstract:The aim of this research is to describe a learning using flanel flipchart media to improve learning outcomes recognizing numbers 1 to 10 and to describe learning outcomes after using the flanel flipchart media for students with intellectual disability in the class I SDLB. This research uses classroom action research (CAR), which consists of planning, implementation, observation, and reflection. The results showed that the flanel flipchart media can increase learning outcomes recognizing numbers 1 to 10 students with intellectual disabilty in the class I SDLB.

Abstrak:Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pembelajaran menggunakan media lembar balik flanel dalam meningkatkan hasil belajar mengenal bilangan 1 sampai 10 dan untuk mendiskripsikan hasil peningkatan setelah menggunakan media lembar balik flanel pada siswa tunagrahita kelas I SDLB. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas (PTK), yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media lembar balik flanel dapat meningkatkan hasil belajar mengenal bilangan 1 sampai 10 siswa tunagrahita kelas I SDLB.


Keywords


Media Lembar Balik Flanel ; Hasil Belajar ; Mengenal Bilangan 1 sampai 10 ; Tunagrahita

Full Text:

PDF

References


Apriyanto, Nunung. 2012. Seluk Beluk Tunagrahita dan Strategi Pembelajarannya. Jogjakarta : Javalitera

Arikunto, Suharsimi. 2008. Dasar Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Mangunsong, dkk. 1998. Psikologi dan Pendidikan Anak Luar Biasa. Jakarta : LPSP3 UI

Wardani, dkk. 2007. Pengantar Pendidikan Luar Biasa. Jakarta : Universitas Terbuka

Setyono, Ariesandi. 2005. Mathemagics. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama

Sundayana, Rostina. 2014. Media dan Alat Peraga dalam Pembelajaran Matematika. Bandung : CV Alfabeta

Undang-undang RI NO 20 Tahun 2003. Tentang System Pendidikan Nasional

(SISDIKNAS) Beserta Penjelasannya. 2003. Bandung: Focus Media.

W. Djiwandon, Sri Esti. 2006. Psikologi Pendidikan . Jakarta : Grasindo

Widiastuti, Tri. 2011. Peningkatan Kemampuan Menulis Tegak Bersambung Melalui Media Lembar Balik Kelas II MI Miftahul Ulum Kecamatan Kejayan Kabupaten Pasuruan. Skripsi tidak diterbitkan. Malang : FIP UM

Wiriaatmadja, Rochiati. 2008. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung : PT Remaja Rosdakarya Offset

-288


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Ortopedagogia



Flag Counter