PEMANFAATAN MEDIA LEMBAR BALIK FLANEL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MENGENAL BILANGAN 1 SAMPAI 10 SISWA TUNAGRAHITA KELAS I SDLB
Abstract
Abstract:The aim of this research is to describe a learning using flanel flipchart media to improve learning outcomes recognizing numbers 1 to 10 and to describe learning outcomes after using the flanel flipchart media for students with intellectual disability in the class I SDLB. This research uses classroom action research (CAR), which consists of planning, implementation, observation, and reflection. The results showed that the flanel flipchart media can increase learning outcomes recognizing numbers 1 to 10 students with intellectual disabilty in the class I SDLB.
Abstrak:Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pembelajaran menggunakan media lembar balik flanel dalam meningkatkan hasil belajar mengenal bilangan 1 sampai 10 dan untuk mendiskripsikan hasil peningkatan setelah menggunakan media lembar balik flanel pada siswa tunagrahita kelas I SDLB. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas (PTK), yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media lembar balik flanel dapat meningkatkan hasil belajar mengenal bilangan 1 sampai 10 siswa tunagrahita kelas I SDLB.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Apriyanto, Nunung. 2012. Seluk Beluk Tunagrahita dan Strategi Pembelajarannya. Jogjakarta : Javalitera
Arikunto, Suharsimi. 2008. Dasar Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Mangunsong, dkk. 1998. Psikologi dan Pendidikan Anak Luar Biasa. Jakarta : LPSP3 UI
Wardani, dkk. 2007. Pengantar Pendidikan Luar Biasa. Jakarta : Universitas Terbuka
Setyono, Ariesandi. 2005. Mathemagics. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama
Sundayana, Rostina. 2014. Media dan Alat Peraga dalam Pembelajaran Matematika. Bandung : CV Alfabeta
Undang-undang RI NO 20 Tahun 2003. Tentang System Pendidikan Nasional
(SISDIKNAS) Beserta Penjelasannya. 2003. Bandung: Focus Media.
W. Djiwandon, Sri Esti. 2006. Psikologi Pendidikan . Jakarta : Grasindo
Widiastuti, Tri. 2011. Peningkatan Kemampuan Menulis Tegak Bersambung Melalui Media Lembar Balik Kelas II MI Miftahul Ulum Kecamatan Kejayan Kabupaten Pasuruan. Skripsi tidak diterbitkan. Malang : FIP UM
Wiriaatmadja, Rochiati. 2008. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung : PT Remaja Rosdakarya Offset
-288
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 Jurnal Ortopedagogia
View "Journal Ortopedagogia" Statistics