The Community Empowerment Through Social and Educational Institutions

Bayu Adi Laksono

Abstract


Abstract: The purpose of this study is to explore the role of social and educational institutions in Bajulmati in the process of community empowerment. This research uses a qualitative approach. The informants in this study consisted of government institutions, empowerment activists from social and educational institutions, and the surrounding community. The results of the study show the role of social and educational institutions in empowering Bajulmati people. Communities are empowered through the utilization of natural and human resources, to always be optimistic and independent, and empowered through school education institutions aimed at increasing competitiveness, education outside the school system to maintain the culture and noble values of Bajulmati people.

Key Words: community empowerment, education, economy, social

 

Abstrak: Tujuan dari penelitian ini adalah menggali peran lembaga sosial dan pendidikan di Bajulmati dalam proses pemberdayaan masyarakat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Informan dalam penelitian ini terdiri dari institusi pemerintahan, pegiat pemberdayaan dari lembaga sosial dan pendidikan, serta masyarakat sekitar. Hasil penelitian menunjukkan peran lembaga sosial dan pendidikan dalam memberdayakan masyarakat Bajulmati. Masyarakat diberdayakan melalui pemanfaatan potensi alam maupun sumber daya manusia, untuk selalu bersikap optimis dan mandiri, serta diberdayakan melalui institusi pendidikan pendidikan persekolahan bertujuan untuk meningkatkan daya saing, pendidikan di luar sistem persekolahan untuk menjaga budaya dan nilai-nilai luhur masyarakat Bajulmati.

Kata kunci: pemberdayaan masyarakat, pendidikan, ekonomi, sosial

Keywords


community empowerment; education; economy; social

Full Text:

PDF

References


Andayani, A. A. I., Martono, E., & Muhamad, M. (2017). Pemberdayaan masyarakat melalui pengembangan desa wisata dan implikasinya terhadap ketahanan sosial budaya wilayah (studi di desa wisata Penglipuran Bali). Jurnal Ketahanan Nasional, 23(1), 1–16. https://doi.org/10.22146/jkn.18006.

Anwas, M. O. (2013). Pemberdayaan masyarakat di era global. Bandung: Alfabeta.

Ariati, J. (2012). Subjective well-being (kesejahteraan subjektif) dan kepuasan kerja pada staf pengajar (dosen) di lingkungan fakultas psikologi Universitas Diponegoro. Jurnal Psikologi, 8(2), 117–123. https://doi.org/10.14710/jpu.8.2.117-123.

Hadi, S., & Akhmadi, A. N. (2017). Peran kelembagaan lokal dalam pemberdayaan perekonomian masyarakat desa terisolir di Jember. Agritrop: Jurnal Ilmu-Ilmu Pertanian, 12(2), 211–217.

Heriyanti, H. (2015). Komunikasi pembangunan memberikan peranan penting bagi pemberdayaan masyarakat pesisir (Studi kasus masyarakat kabupaten Kepulauan Seribu, Jakarta) (p. 9). Proceedings of seminar nasional multi disiplin ilmu & call for papers Unisbank (sendi_u) kajian multi disiplin ilmu untuk mewujudkan poros maritim dalam pembangunan ekonomi berbasis kesejahteraan rakyat. Retrieved from https://media.neliti.com/media/publications/174724-ID-komunikasi-pembangunan-memberikan-perana.pdf.

Hijriati, E., & Mardiana, R. (2015). Pengaruh ekowisata berbasis masyarakat terhadap perubahan kondisi ekologi, sosial dan ekonomi di kampung Batusuhunan, Sukabumi. Sodality: Jurnal Sosiologi Pedesaan, 2(3), 146–159. https://doi.org/10.22500/sodality.v2i3. 9422.

Kurniati, E. D. (2015). Kewirausahaan industri. Deepublish.

Mardikanto, T., & Soebiato, P. (2015). Pemberdayaan masyarakat dalam perspektif kebijakan publik. Bandung: Alfabeta.

Maulidah, F., & Soejoto, A. (2017). Pengaruh tingkat pendidikan, pendapatan dan konsumsi terhadap jumlah penduduk miskin di provinsi Jawa Timur. Jurnal Ekonomi Pendidikan dan Kewirausahaan, 3(2), 227–240. https://doi.org/10.26740/jepk.v3n2.p227-240.

Mahmud, M. Y., & Kusnadi, E. (2010). Pembangunan sosial masyarakat terasing di era otonomi daerah: Studi kasus masyarakat suku Anak Dalam di Muarojambi. Media Akademika, 25(4). Retrieved from http://download.portalgaruda.org/article.php?article =252 470&val=6803&title=Pembangunan% 20Sosial %20Masyarakat%20Terasing%20di%20Era %20Otonomi%20Daerah:%20Studi% 20Kasus% 20Masyarakat%20Suku %20Anak%20Dalam%20 di%20Muarojambi.

Noor, M. (2011). Pemberdayaan masyarakat. Civis : Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial dan Pendidikan, 1(2), 87–99. Retrieved from http://journal.upgris.ac.id/index. php/civis/article/view/591/541.

Nurmalisa, Y., & Adha, M. M. (2016). Peran lembaga sosial terhadap pembinaan moral remaja di sekolah menengah atas. Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 1(1), 64–71.

Robaaniyahya, R. (2016). Peran lembaga sosial pemberdayaan perempuan dan anak pinggiran Seroja dalam menangani anak rawan di kota Solo. Surakarta: Universitas Sebelas Maret. Retrieved from https://digilib.uns.ac.id/dokumen/download/53778/MjMx NzI0/Peran-lembaga-sosial-pemberdayaan-perem-puan-dan-anak-pinggiran-seroja-dalam-menangani-anak-rawan-di-kota-Solo-abstrak.pdf.

Robaaniyahya, R. (2016). Peran lembaga sosial PPAP Seroja dalam memberikan motivasi belajar kepada anak rawan di kota Solo. SOSIALITAS, 5(2).

Suprayitno, I. J., Darsyah, M. Y., & Rahayu, U. S. (2017). Pengaruh tingkat pendidikan terhadap jumlah pengangguran di kota Semarang. Proceedings of Seminar Nasional & Internasional (Vol. 1, No. 1).

Theresia, A. (2014). Pembangunan berbasis masyarakat. Bandung: Alfabeta.

Sachs, W. (1995). Pembangunanisme: Telaah pengetahuan sebagai alat penguasaan. Jakarta: CPSM.

Wahyuni, R. N. T., & Monika, A. K. (2017). Pengaruh pendidikan terhadap ketimpangan pendapatan tenaga kerja di Indonesia. Jurnal Kependudukan Indonesia, 11(1), 15–28. https://doi.org/10.14203/jki.v11i1.63.




Copyright (c) 2019 Jurnal Pendidikan Humaniora

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Pendidikan Humaniora

Education Journal Of Social Sciences

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPH is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License