Spirituality-Based Character Education Strategic Management

Henderikus Dasrimin, Ali Imron, Achmad Supriyanto

Abstract


Abstract: The purpose of this study is to determine the process of strategic management of character-based characterization of Carmelite spirituality at Senior High School. This study uses a qualitative ap-proach with multi-site study design. Data were collected through observation, interviews and documentation studies. Data analysis used single data analysis and cross-site data analysis. The results of the study show that: (1) strategic planning is characterized by the formation of organizational structures and task descriptions by principals, (2) character education programs formulated in Academic Guidebooks or Learning Guidelines (3) the implementation of character education is done by assigning character values in the spirit of prayer, brotherhood, and service, (4) evaluation is carried out regularly, while monitoring is carried out throughout the whole process of character education.
Key Words: strategic management, character education, karmel spirituality


Abstrak: Tujuan penelitian ini untuk mengetahui proses manajemen strategis pendidikan karakter ber-basis spiritualitas Karmel di Sekolah Menengah Atas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi multi situs. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis data tunggal dan analisis data lintas situs. Hasil penelitian menunjuk-kan bahwa: (1) perencanaan strategis ditandai dengan pembentukan struktur organisai dan deskripsi tugas oleh kepala sekolah, (2) program pendidikan karakter diformulasikan dalam Buku Panduan Akademik atau Buku Pedoman Pembelajaran (3) pelaksanaan pendidikan karakter dilakukan dengan mempresentasi-kan nilai-nilai karakter dalam semangat doa, persaudaraan, dan pelayanan, (4) evaluasi dilaksanakan se-cara berkala, sedangkan monitoring dilakukan pada seluruh proses pendidikan karakter.
Kata kunci: manajemen strategis, pendidikan karakter, spiritualitas karmel


Keywords


strategic management; character education; karmel spirituality

Full Text:

PDF

References


Afandi, R. (2011). Integrasi pendidikan karakter dalam pem-belajaran IPS di sekolah dasar. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 1(1), 85–98. doi: 10.21070/pedagogia. v1i1.32.

Fauzi, A. (2016). Implementasi pendidikan karakter dalam membentuk perilaku sosial dan keagamaan siswa. Lentera Pendidikan, 19(2), 146–162.

Darmayanti, S. E., & Wibowo, U. B. (2014). Evaluasi program pendidikan karakter di sekolah dasar Kabupaten Kulon Progo. Jurnal Prima Edukasia, 2(2), 223–234.

Imron, A. (2016). Penguatan manajemen peserta didik yang berfokus pada pembentukan karakter hidup sehat agar survive di era global. Retrieved from http://ap.fip.um.ac.id/wp-content/uploads/2016/03/36-Ali-.

Irwansyah. (2006). Pendidikan jasmani olah raga dan kesehatan. Jakarta: Grafindo Media Pratama.

Pala, A. (2011). The need for character education. International Journal of Social Sciences and Hu-manity Studies, 3(2), 23–32.

Kesuma, D., & Triatna, C., Permana, J. (2011). Pendidikan karakter: Kajian teori dan praktik di sekolah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mantja, W. (2007). Profesionalisasi tenaga kependidikan: Manajemen pendidikan dan pengajaran. Malang: Elang Mas.

Ratnawati, I., Imron, A., & Benty, D.N. (2018). Manajemen pendidikan karakter peserta didik melalui kegiatan ekstrakurikuler pramuka. Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan, 1(3), 284–292

Samani, M., & M. (2017). Pendidikan karakter: Konsep dan model. Bandung: PT Rosda Karya.

Septiani, I. (2011). Manajemen kegiatan ekstrakurikuler dalam meningkatkan kualitas sekolah (Unpub-lished undergraduate’s thesis). Universitas Negeri Malang, Indonesia.

Sonhadji, A. & Huda, M. (2014). Asesmen kebutuhan, pengambilan keputusan, dan perencanaan: mata rantai dalam manajemen pendidikan. Malang: Universitas Negeri Malang.

Sudrajat, A. (2011). Mengapa pendidikan karakter? Jurnal Pendidikan Karakter, 1(1), 47–58.

Wahyu. (2011). Masalah dan usaha membangun karakter bangsa. Komunitas: International Journal of Indo-nesian Society and Culture, 3(2), 138–149.

Wiyono, H. (2012). Pendidikan karakter dalam bingkai pembelajaran di sekolah. Jurnal Ilmiah CIVIS, 2(2), 1–18.

Winarni, S. (2013). Integrasi pendidikan karakter dalam perkuliahan. Retrieved from http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/penelitian/Dr.%20Sri%20Winarni, %20M.Pd./integrasi%20pendkar%20dalam%20 perkuliahan.pdf




Copyright (c) 2019 Jurnal Pendidikan Humaniora

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Pendidikan Humaniora

Education Journal Of Social Sciences

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPH is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License