Asesmen Kebutuhan Pengembangan Profesionalisme Guru SMK

Canni Loren Sianturi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kebutuhan pengembangan profesionalisme guru SMK RSBI. Penelitian ini dilakukan di SMKN 3 Malang dengan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dan rancangan studi kasus. Instrumen kunci penelitian adalah peneliti sendiri dan informannya adalah guru, siswa, dan orangtua siswa. Data dikumpulkan menggunakan teknik wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Peneliti menggunakan triangulasi, member check, dan expert judgement, untuk menjamin keabsahan temuan penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan karakteristik kompetensi guru, kebutuhan primer pengembangan profesionalisme guru adalah diklat tentang konsep dasar dan penerapan pembelajaran berbasis character building, bilingual, ICT, dan cara melaksanakan PTK, kebutuhan sekundernya adalah workshop strategi peningkatan kinerja dan keterampilan guru dalam berkomunikasi dan bekerja sama dengan stakeholders; berdasarkan bentuk, lokasi, dan waktu pelaksanaan kegiatan pengembangan profesionalismenya dibuat dalam bentuk belajar secara teori dan praktik, dilaksanakan di lokasi yang mudah dijangkau tanpa harus meninggalkan tugas di sekolah dan keluarga, dan intensitasnya ditingkatkan.

Kata kunci: asesmen kebutuhan, pengembangan profesionalisme, profesionalisme guru


Full Text:

Download


Copyright (c)




Jurnal Pendidikan Humaniora

Education Journal Of Social Sciences

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPH is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License