Penerapan Model Direct Instruction untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Menyusun Laporan Keuangan di SMK Negeri 1 Tarakan
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa menyusun laporan keuangan di SMK Negeri 1 Tarakan dengan menerapkan model direct instruction. Subjek penelitian adalah sis-wa kelas XI Akuntansi 2 yang berjumlah 33 siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan penelitian tindakan kelas model Kammis dan Taggart dilaksanakan dalam 2 siklus tindakan, setiap siklus terdiri dari 4 tahapan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan mo-del direct instruction pada siswa kelas XI Akuntansi 2 di SMK Negeri 1 Tarakan dapat meningkatkan kemampuan siswa menyusun laporan keuangan. Disarankan kepada guru untuk memahami sintak model direct instruction, sehingga dapat menerapkannya dalam kegiatan belajar mengajar khususnya di SMK Negeri 1 Tarakan.
Kata kunci: model direct instruction, kemampuan siswa, laporan keuangan
Kata kunci: model direct instruction, kemampuan siswa, laporan keuangan
Full Text:
DownloadCopyright (c)
Jurnal Pendidikan Humaniora Graduate School, Universitas Negeri Malang JPH is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License |