Author Guidelines
PETUNJUK BAGI PENULIS
BERKALA SEKOLAH DASAR
- Berkala SEKOLAH DASARberisi artikel tentang hasil pemikiran dan hasil penelitian di bidang pendidikan/pembelajaran di sekolah dasar.
- Artikel yang dikirim belum pernah dimuat di media cetak lain, diketik dengan huruf Times New Roman ukuran 12 pts dengan spasi At least 12 pts pada satu muka kertas ukuran A4. Panjang artikel maksimal 20 halaman, dikirim dalam bentuk print-out sebanyak 3 eksemplar disertai file dalam CD. Sebaiknya file dikirim juga ke alamat e-mail: jurnal.sd@fip.um.ac.id.
- Nama penulis artikel ditulis tanpa gelar akademik ditempatkan di bawah judul artikel disertai nama dan alamat institusi, alamat rumah, telepon/hp, dan alamat e-mail untuk memudahkan komunikasi. Jika penulis terdiri atas 4 orang atau lebih, yang dicantumkan di bawah judul adalah nama penulis utama; nama penulis lainnya dicantumkan sebagai catatan kaki pada halaman pertama. Dalam hal artikel yang ditulis oleh tim, penyunting hanya berhubungan dengan penulis yang namanya ada pada urutan pertama.
- Artkel ditulis dalam bahasa Indonesia dengan format esai. Judul artikel dicetak dengan huruf capital. Masing-masing bagian artikel, kecuali bagian pendahuluan, diberi judul dengan huruf sesuai peringkatnya dengan tidak menggunakan angka/nomor. Adapun bentuk huruf pada judul masing-masing bagian artikel adalah sebagai berikut.
PERINGKAT 1 (HURUF BESAR SEMUA, RATA KIRI, CETAK TEBAL)
Peringkat 2 (Huruf Besar Kecil, Rata Kiri, Cetak Tebal)
Peringkat 3 (Huruf Besar Kecil, Rata Kiri, Cetak Tebal Miring)
- 5. Sistematika penulisan artikel hasil pemikiran: ▪ judul ▪ nama penulis (tanpa gelar akademik), nama dan alamat institusi, alamat rumah, telepon/hp, dan alamat e-mail ▪ abstrak (maksimal 100 kata) ▪ kata-kata kunci (paling banyak lima kata) ▪ pendahuluan (tanpa judul) berisi latar belakang dan tujuan atau ruang lingkup tulisan ▪ bahasan utama (dapat dibagi ke dalam beberapa sub-bagian) ▪ penutup berisi simpulan dan saran ▪ daftar rujukan minimal 70% terbitan 10 tahun terakhir dan hanya memuat sumber-sumber yang dirujuk.
- Sistematika artikel hasil penelitian: ▪ judul ▪ nama penulis (tanpa gelar akademik), nama dan alamat institusi, alamat rumah, telepon/hp, dan alamat e-mail ▪ abstrak berisi latar belakang, tujuan, metode, dan hasil (maksimal 100 kata) ▪ kata-kata kunci (paling banyak lima kata) ▪ pendahuluan (tanpa judul) berisi latar belakang, sedikit tinjauan pustaka, dan tujuan penelitian ▪ metode ▪ hasil ▪ pembahasan ▪ penutup berisi simpulan dan saran ▪ daftar rujukan minimal 70% terbitan 10 tahun terakhir dan hanya memuat sumber-sumber yang dirujuk.
- 7. Sumber rujukan sedapat mungkin berupa sumber primer, seperti laporan penelitian (termasuk skripsi, tesis, disertasi), atau artikel-artikel hasil penelitian dalam jurnal atau berkala ilmiah. Pencantuman sumber rujukan pada kutipan langsung atau tidak langsung menggunakan teknik berkurung, contohnya: (Davis, 2003:27).
- 8. Daftar rujukan diurut secara alfabetis dan disusun dengan sistematika seperti contoh berikut.
Buku:
Cooper, J.D. 1993. Literacy: Helping Children Construct Meaning. Boston Toronto: Hougton Miffin Company.
Buku kumpulan artikel (ada editornya):
Letheridge, S. & Cannon, C.R. (Eds.). 1980. Bilingual Education: Teaching English as a Second Language. New York: Praegar.
Artikel dalam majalah atau koran:
Suryadarma, S.V.C.1990. Prosesor dan Interface: Komunikasi Data. Info Komputer, IV (4):46-48.
Huda, M. 13 November, 1991. Menyiasati Krisis Listrik Musim Kering. Jawa Pos, hlm.6.
Tulisan/berita dalam koran (tanpa nama penulis):
Jawa Pos. 22 April, 1995. Wanita Kelas Bawah Lebih Mandiri, hlm.3.
Dokumen resmi pemerintah yang diterbitkan oleh penerbit dan tanpa lembaga:
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 1989 tentang Sistem Pendidikan Nasional.1990. Jakarta: PT Armas Duta Jaya.
Dokumen resmi:
Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. 1978. Pedoman Penulisan Laporan Penelitian. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Undang-undang Republik Indonesia Nomor 2 tentang Sistem Pendidikaan Nasional.1990. Jakarta: PT Armas Duta Jaya.
Buku terjemahan:
Ary, D., Jacobs, L.C. & Razavieh, A. Tanpa tahun.Pengantar Penelitian Pendidikan. Terjemahan oleh Arief Furchan. 1982. Surabaya: Usaha Nasional.
Skripsi, Tesis, Disertasi, Laporan Penelitian
Ghazali, S. 1999. Kerumitan kalimat Siswa Sekolah Dasar. Disertasi tidak diterbitkan. Malang: PPs Universitas Malang (UM).
Makalah, Seminar, lokakarya, penataran:
Suparno. 1998. Pengajaran Bahasa Indonesia di Sekolah.Makalah disajikan dalam Kongres Bahasa Indonesia VII Jakarta, 26-30 Okt. Jakarta: Depdikbud.
Internet (artikel dalam jurnal online):
Kumaidi. 1998. Pengukuran Bekal Awal Belajar dan Pengembangan Tesnya. Jurnal Ilmu Pendidikan, (Online), Jilid 5, No. 4, (http://www.malang.ac.id, diakses 20 Januari 2000.
- Tata cara penyajian kutipan, rujukan, tabel, dan gambar mengikuti ketentuan dalam Pedoman Penulisan Karya Ilmiah (Universitas Malang, 2010) atau mencontoh langsung tata cara yang digunakan dalam artikel yang telah dimuat.
- Semua naskah ditelaah secara anonim oleh mitra bestari (reviewers) yang ditunjuk oleh penyunting menurut bidang kepakarannya. Penulis artikel diberi kesempatan untuk melakukan perbaikan (revisi) naskah atas dasar rekomendasi/saran dari mitra bestari atau penyunting. Kepastian pemuatan atau penolakan naskah akan diberitahukan secara tertulis.