PEMBELAJARAN PENGUKURAN WAKTU DENGAN PERMAINAN TRADISIONAL GASING DI SEKOLAH DASAR

Anton Jaelani

Abstract


Abstract: The purpose of this teaching mathematic research about time measurement was to formulate HLT (Hypothetical Learning Trajectory) described and modified in the research process. The location of the research was at SD Pupuk Sriwijaya Palembang. The subjects were students of third grade elementary school at SD Pupuk Sriwijaya Palembang as a teaching experiment class. Results showed: (1) gasing competition in same time; (2) gasing competition  in the shift time; (3) measured gasing's rotation time used watch, (4) measured gasing's duration time used watch, and (5) determined  a time before  and after event.

 

Abstrak: Design research pembelajaran matematika tentang pengukuran waktu ini bertujuan memformulasikan lintasan pembelajaran atau HLT (Hypothetical Learning Trajectory) yang diuraikan dan diperbaiki selama proses penelitian berjalan. Lokasi penelitian di SD Pupuk Sriwijaya Palembang dengan subyek kelas III SD sebagai kelas teaching experiment. Hasil penelitian menunjukkan lintas pembelajaran pengukuran waktu dengan menggunakan permainan gasing tradisional, meliputi (1) bertanding gasing secara bersamaan, (2) bertanding gasing secara bergantian, (3) mengukur waktu putaran gasing menggunakan jam, (4) menentukan durasi waktu menggunakan jam, dan (5) menentukan waktu sebelum dan sesudah dari suatu kejadian.


Keywords


pengukuran waktu, permainan gasing, matekatika, SD.




Creative Commons License
Jurnal Sekolah Dasar is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

web
analytics View My Stats